Arti Syafakillah atau Syafakallah dengan Penjelasan Terlengkap!

Diposting pada

Shahih – Dalam kehidupan sehari-hari, tentu saja kita tidak akan terlepas dari kemungkinan sakit. Sakit bisa terjadi karena apa saja. Bisa saja terjadi karena terserang virus, terkena pisau, jatuh dan lainnya. Namun, sebagai umat yang beriman, kita senantiasa dianjurkan untuk memandang sakit sebagai sebuah ujian. Berbicara tentang penyakit, tentu kita akrab dengan kalimat syafakillah. Tahukah anda apa arti syafakillah?

Beberapa orang bertanya mengenai ucapan untuk orang sakit yang sesuai dengan ajaran Islam. Memang, ada ucapan lain yang cukup terkenal, seperti get well soon dalam bahasa Inggris. Namun, sebagai umat muslim sebaiknya kita membiasakan diri untuk senantiasa memasukkan nilai-nilai Islam dalam aktivitas kita sehari-hari.

Di bawah ini kita akan membahas arti syafakillah, sehingga anda bisa mengamalkannya setiap hari. Dengan pengamalan ini tentu saja silaturahmi akan tetap terjaga dengan baik karena kita saling mendoakan antar teman.

Arti Syafakillah yang Tepat Adalah…

Arti Syafakillah atau Syafakallah

Makna dari kalimat ini sebenarnya adalah ucapan lekas sembuh dalam bahasa arab. Apabila di artikan kedalam bahasa Indonesia adalah “Semoga Allah Menyembuhkanmu“. Ucapan ini biasanya diucapkan ketika seseorang menjenguk temannya yang sakit atau ketika ia mendapatkan kabar bahwa seorang temannya sedang sakit.

Nabi Muhammad SAW mengajarkan kepada kita untuk hidup rukun dan saling mendoakan. Saling mendoakan ini merupakan akhlak Islam yang harus senantiasa kita pelihara dan jaga setiap hari. Dengan akhlak mulia ini, tentu saja hubungan bermasyarakat akan senantiasa baik dan tenteram.

Namun, perlu dipahami bahwa syafakillah adalah ucapan yang diberikan untuk sodara perempuan kita. Dalam bahasa Arab, penggunaan huruf (i) mewakili perempuan. Sedangkan untuk laki-laki, menggunakan huruf (a) sehingga ucapannya menjadi syafakallah. Hal ini tentu saja harus dibedakan karena bahasa Arab memiliki tata bahasa tersendiri.

Doa yang Tepat dan Sesuai Hadits Saat Menjenguk Orang Sakit

Islam tentu saja mengajarkan sesuatu yang baik bagi umatnya. Ketika menjenguk teman yang sakit, tentu saja bukan hanya ucapan syafakillah saja yang disampaikan tetapi juga memberikan doa khusus untuk orang sakit. Doa ini merupakan salah satu hal yang sangat penting.

Sudah disinggung di awal bahwa sakit dalam islam merupakan salah satu ujian yang bisa digunakan sebagai salah satu cara untuk menggugurkan dosa. Dalam hal ini, sakit harus dipandang sebagai sesuatu yang positif agar kita juga senantiasa berorientasi pada kesembuhan.

Dalam hal ini, Rasulullah SAW memberikan hadits tentang sakit, khususnya cara mendoakan yang baik dan benar. Adapun doa yang diajarkan ketika kita sedang menjenguk rekan atau sodara yang sakit adalah,

اللَّهُمَّ رَبَّ النَّاسِ مُذْهِبَ الْبَاسِ اشْفِ أَنْتَ الشَّافِى لاَ شَافِىَ إِلاَّ أَنْتَ ، شِفَاءً لاَ يُغَادِرُ سَقَمًا

ALLAHUMMA RABBAN NAAS MUDZHIBAL BA’SI ISYFI ANTASY-SYAAFII LAA SYAFIYA ILLAA ANTA SYIFAA’AN LAA YUGHAADIRU SAQOMAN.

Artinya:

“Ya Allah Wahai Tuhan segala manusia, hilangkanlah penyakitnya, sembukanlah ia. (Hanya) Engkaulah yang dapat menyembuhkannya, tidak ada kesembuhan melainkan kesembuhan dariMu, kesembuhan yang tidak kambuh lagi.” ( HR. Bukhari, no. 5742; Muslim, no. 2191)

Doa tersebut merupakan doa yang ringkas dan mudah dihafal. Selain itu, doa tersebut juga merupakan pelengkap dari ucapan untuk orang sakit yang mana menunjukkan rasa sayang kita sebagai sesama muslim.

Demikian pembahasan mengenai arti syafakillah beserta penggunaannya pada laki-laki maupun perempuan dan tuntunan doa khusus untuk orang sakit. Semoga dapat menjadi amal yang baik bagi kita dalam kehidupan sehari-hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *