Bacaan Ayat Kursi dan 5 Keutamaannya! Tulisan Arab, Latin & Terjemahan

Diposting pada

Shahih – Diantara ayat-ayat Al Qur’an yang dikenal, ayat kursi merupakan salah satu ayat Al Qur’an yang dibilang favorit. Hal ini dikarenakan intisari bacaan ayat kursi mencakup banyak hal. Beberapa hal yang ada di dalam surat ayat kursi diantaranya Kebesaran Allah, Keagungan Allah, Kekuasaan Allah, dan juga ilmu Allah yang meliputi langit dan bumi.

Selain itu, banyak pula fadilah ayat kursi yang bisa di ambil manfaatnya. Perlu diketahui bahwa diantara banyak manfaat ayat kursi yang bisa kita ambil adalah ia dapat digunakan sebagai lantaran dalam pegangan hidup, mencari ridho akan terkabulnya hajat, keberkahan, kelimpahan, lancarnya rejeki dan lain sebagainya.

Dapat disimak bahwa dari penjelasan di atas, terdapat banyak sekali keistimewaan ayat kursi yang seharusnya menjadi pemicu bagi kita untuk senantiasa mengamalkannya. Jika anda bertanya ayat kursi ayat ke berapa atau ayat kursi surat apa, maka anda bisa membuka surat Al Baqarah ayat 255.

Bacaan Ayat Kursi beserta Keutamaan, Tulisan Arab, Latin dan Terjemahannya

Lafadz atau bacaan dari ayat kursi adalah sebagai berikut,

اللَّهُ لَا إِلَهَ إِلَّا هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّومُ لَا تَأْخُذُهُ سِنَةٌ وَلَا نَوْمٌ لَهُ مَا فِي السَّمَاوَاتِ وَمَا فِي الْأَرْضِ مَنْ ذَا الَّذِي يَشْفَعُ عِنْدَهُ إِلَّا بِإِذْنِهِ يَعْلَمُ مَا بَيْنَ أَيْدِيهِمْ وَمَا خَلْفَهُمْ وَلَا يُحِيطُونَ بِشَيْءٍ مِنْ عِلْمِهِ إِلَّا بِمَا شَاءَ وَسِعَ كُرْسِيُّهُ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ وَلَا يَئُودُهُ حِفْظُهُمَا وَهُوَ الْعَلِيُّ الْعَظِيمُ

Sedangkan tulisan latin dari ayat kursi adalah sebagai berikut,

allaahu laa ilaaha illaa huwal hayyul qayyuumu laa ta-khudzuhu sinatuw walaa nawm lahu maa fiis samaawaati wamaa fiil ardhi man dzaal ladzii yasyfa’u ‘indahu illaa bi-idznih ya’lamu maa bayna aydiihim wamaa khalfahum walaa yuhiithuuna bisyay-im min ‘ilmihi illaa bimaa syaa-a wasi’a kursiyyuhus samaawaati waal-ardha walaa yauuduhu hifzhuhumaa wahuwal ‘aliyyul ‘azhiimu.

Arti atau terjemahan dari ayat kursi,

Allah, tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia Yang Hidup kekal lagi terus menerus mengurus (makhluk-Nya); tidak mengantuk dan tidak tidur. Kepunyaan-Nya apa yang di langit dan di bumi. Tiada yang dapat memberi syafaat di sisi Allah tanpa izin-Nya. Allah mengetahui apa-apa yang di hadapan mereka dan di belakang mereka, dan mereka tidak mengetahui apa-apa dari ilmu Allah melainkan apa yang dikehendaki-Nya. Kursi Allah meliputi langit dan bumi. Dan Allah tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Allah Maha Tinggi lagi Maha Besar.

Waktu Mustajab dalam Membaca Ayat Kursi

Sebagaimana kita tahu bahwa ada beragam khasiat ayat kursi yang akan kita dapatkan ketika kita mengamalkan bacaan tersebut dengan baik dan benar setiap hari. Dalam hal ini, demi tercapainya apa yang kita inginkan, tentu saja kita perlu untuk mengetahui waktu mustajab pembacaan. Kapan waktu yang paling tepat untuk membaca ayat ini? Setidaknya, ada beberapa waktu mustajab yang dapat diamalkan.

Waktu pertama yang tepat adalah ketika pagi dan juga petang. Terdapat hadist Nabi Muhammad SAW perihal hal ini, yakni:

إِذَا قَرَأَتْهَا غُدْوَةً أُجِرَتْ مِنَّا حَتَّى تُمْسِيَ ، وَإِذَا قَرَأَتْهَا حِيْنَ تُمْسِي أُجِرَتْ مِنَّا حَتَّى تُصْبِحَ

Siapa yang membacanya ketika petang, maka ia akan dilindungi (oleh Allah dari berbagai gangguan) hingga pagi. Siapa yang membacanya ketika pagi, maka ia akan dilindungi hingga petang.” (HR. Al Hakim 1: 562. Syaikh Al Albani menshahihkan hadits tersebut dalam Shahih At-Targhib wa At-Tarhib no. 655)

Dalam hal ini, bisa kita lihat bahwa bacaan tersebut dapat menjadi tameng bagi siapa saja yang mengamalkannya.

Waktu mustajab kedua untuk membaca ayat kursi adalah ketika hendak tidur. Ayat ini sangat dianjurkan untuk dibaca ketika sebelum tidur karena merupakan salah satu sunnah yang dianjurkan untuk dilakukan ketika anda menjelang tidur agar tidur anda menjadi lebih berkualitas dan terlindungi dari godaan jin maupun setan yang tiada henti mengganggu. Berikut sesuai dengan hadits dari Rasulullah SAW,

Dalam sebuah hadits, Rasulullah Shallallahualaihi wa sallam bersabda yang artinya, Apabila engkau mendatangi tempat tidur (di malam hari), bacalah Ayat Kursi, niscaya Allah akan senantiasa menjagamu dan setan tidak akan mendekatimu hingga waktu pagi (HR. Al-Bukhari)

Waktu lain yang tepat untuk membaca ayat ini adalah setelah melaksanakan sholat lima waktu. Memang, ayat ini juga termasuk salah satu bagian dari sunnah Nabi SAW yang dibaca ketika setelah sholat dan termasuk dzikir wajib yang harus dibaca. Adapun dalil mengenai hal ini adalah hadist Nabi Muhammad SAW yang diriwayatkan oleh Abu Umamah RA, yakni,

مَنْ قَرَأَ آيَةَ الكُرْسِيِّ فِي دُبُرِ كُلِّ صَلاَةٍ مَكْتُوْبَةٍ لَمْ يَمْنَعْهُ مِنْ دُخُوْلِ الجَنَّةِ اِلاَّ اَنْ يَمُوْتَ

Siapa membaca ayat Kursi setiap selesai shalat, tidak ada yang menghalanginya masuk surga selain kematian.” (HR. An-Nasai dalam Al Kubro 9: 44. Hadits ini dinyatakan shahih oleh Ibnu Hibban, sebagaimana disebut oleh Ibnu Hajar dalam Bulughul Maram)

Oleh karena adanya beberapa waktu pembacaan yang mustajab, sebagaimana dijelaskan di awal, tentu saja kita seharusnya bisa belajar dan memahami. Pengamalan yang disesuaikan dengan ajaran dan perintah tentu saja akan mendatangkan manfaat yang lebih besar dalam kehidupan anda sehari-hari.

Keistimewaan Serta Keutamaan Ayat Kursi

Telah dibahas sebelumnya bahwa bacaan ini merupakan salah satu ayat paling penting di dalam Al Qur’an. Bahkan, perlu diketahui bahwa Rasulullah SAW menyebutkan ayat ini merupakan ayat teragung yang ada di dalam Al Qur’an. Pendapat ini tentu saja menggambarkan banyaknya keutamaan ayat kursi yang akan diperoleh pembacanya bagi yang mengamalkannya setiap hari dengan cara yang sudah diperintahkan dan diajarkan.

Lalu, apa saja keutamaan dari pengamalan tersebut?

Keutamaan pertama adalah bacaan tersebut melebihi keagungan langit dan bumi. Pendapat ini disandarkan pada kenyataan bahwa di dalam ayat tersebut terdapat nama dan sifat Allah.

Keutamaan lain yang sangat penting untuk diketahui adalah bahwa pembacaan ayat kursi beserta artinya merupakan salah satu amalan yang baik dan banyak timbangan amalnya. Dalam hal ini, pembacaan ayat tersebut dapat menjadi salah satu penyebab seseorang bisa memasuki surga Allah SWT.

Tentu saja, dalam hal ini, keutamaan ini merupakan salah satu nikmat yang terbesar yang tentu saja akan memicu semua umat Muslim untuk mengamalkannya setiap hari. Sudah barang tentu dengan diamalkan setiap hari, maka kita akan mendapatkan banyak keutamaan lain yang tidak pernah kita sangka sebelumnya dan akan menjadi pelita dalam kehidupan sehari-hari.

Akan lebih afdol rasanya jika anda tidak hanya memahami kandungan dari ayat kursi melainkan juga memahami tafsir ayat kursi agar bisa mengambil beragam jenis pelajaran yang terkandung di dalamnya. Demikian bahasan mengenai bacaan ayat kursi beserta tulisan latin, arti atau terjemahannya, waktu yang mustajab sesuai ajaran Rasulullah hingga keutamannya bagi yang membaca ayat tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *