Doa Ketika Bercermin dan Berpakaian Sesuai Sunnah Agar Memperindah Akhlak

Diposting pada

Shahih – Setiap harinya kamu pasti selalu bercermin. Entah untuk berias diri atau hanya melihat wajah kita sendiri. Dalam islam ada adab bercermin yang benar. Bercermin tidak hanya asal bercermin tanpa aturan. Kita dianjurkan untuk selalu menjaga penampilan dengan baik, tetap rapi dan bersih. Sesuai dengan hadist Rasulullah SAW “Sesungguhnya Allah itu indah dan sangat menyukai keindahan”. Dalam islam pun, ada doa ketika bercermin. Yang menunjukkan bahwa kita harus berlindung kepada allah terlebih dahulu sebelum bercermin atau berias diri.

Doa Ketika Bercermin dengan Bahasa Arab, Latin dan Terjemahannya

Doa Ketika Bercermin dan Berpakaian dengan Artinya

Ketika bercermin, kita disunahkan untuk membaca doa ketika bercermin. Selain itu kita harus ikhlas untuk selalu menjadi pribadi yang rapi dan sederhana. Sesuai dengan riwayat ahmad dari aisyiah dan ibnu mas’ud Radhiyallahu anhuma bahwa Rasulullah Saw selalu berdoa :

اللَّهُمَّ أَحْسَنْتَ خَلْقِي فَأَحْسِنْ خُلُقِي

Allahumma ahsanta khalqii fa ahsin khuluqii

Yang artinya, “Ya Allah, sebagaimana Engkau telah memperindah rupaku maka perindahlah pula akhlakku.“ (HR Ahmad IV/68, 155).

Kita selalu dianjurkan untuk membaca doa tersebut ketika bercermin. Tak hanya ketika bercermin, tapi juga berpakaian. Selalu melindungi diri dari semua godaan dan bersyukur atas apa yang diberikan Allah SWT kepada kita.

Selalu Bersyukur Ketika Bercermin

Selain membaca doa bercermin, kita dianjurkan untuk selalu bersyukur ketika bercermin. Bersyukur atas semau anugerah yang telah diberikan Allah SWT. Dari fisik yang memang sudah Allah SWT anugerahkan kepada kita. Entah itu hidung yang pesek, hidung yang mancung, kulit putih, kulit hitam dan lainnya.

Kita harus menerima apa yang sudah Allah SWT anugerahkan. Ini termasuk tanda bersyukur. Dalam doa saat bercermin pun, kita dianjurkan untuk selalu bersyukur terus menerus. Tak hanya dari rupa yang harus kita syukuri tapi akhlak yang telah Allah SWT ajarkan kepada kita.

Jangan Sombong

Jangan pernah jadi pribadi yang sombong. Semua rupa yang Allah SWT berikan kepada kita, atas kehendaknya. Kita harus selalu membaca doa bercermin dan berpakaian setiap harinya. Ini menunjukan bahwa kita selalu rendah diri. Menerima semua hal yang diberikan oleh Allah SWT. Sadar bahwa hidup ini adalah anugerah dari Allah SWT.

Pahamilah doa ketika bercermin dan artinya diatas, sehingga kita bisa mengamalkan doa bercermin ini setiap harinya. Menjadi pribadi yang baik rupa maupun akhlaknya. Yang selalu bersyukur atas semua anugerah yang diberikan Allah SWT.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *