Doa Masuk dan Keluar Masjid Sesuai Sunnah: Arab, Latin dan Artinya

Diposting pada

Shahih – Disetiap aktivitas kita sehari-hari diwajibkan untuk selalu membaca doa khususnya dalam beribadah. Dalam beribadah pun harus diawali dengan membaca doa terlebih dahulu. Salah satu contohnya adalah membaca doa masuk dan keluar masjid. Membaca doa saat masuk dan keluar memiliki fadhilah atau keutamaan bagi para pembacanya saat beribadah di masjid. Hal ini adalah sunnah rosul sebagai bentuk tauladan bagi umatnya.

Doa Masuk dan Keluar Masjid Sesuai Sunnah Rasulullah SAW

Doa Masuk dan Keluar Masjid Sesuai Sunnah: Arab, Latin dan Artinya

Adab dan Doa Masuk Masjid

Memasuki masjid untuk melakukan ibadah akan sangat lengkap jika diawali dengan membaca doa terlebih dahulu. Hal ini dimaksudkan agar ibadah kita dapat berjalan dengan lancar, khusyuk, dan terhindar dari gangguan syaitan. Selain itu membaca doa sebelum masuk masjid juga agar senantiasa Allah melipatgandakan pahala bagi para pembacanya dalam beribadah. Berikut bacaan doa masuk masjid:

اَللهُمَّ افْتَحْ لِىْ اَبْوَابَ رَحْمَتِكَ

ALLAHUMMAF TAHLII ABWAABA RAHMATIKA.

Artinya:

Ya Allah, bukakanlah bagiku pintu-pintu rahmat-Mu.

Doa diatas adalah contoh doa yang sering kali dilakukan Rasulullah dalam beribadah saat memasuki masjid. Selain itu, Rasululah pun juga seringkali membaca doa ketika keluar dari rumahnya dan ketika berjalan menuju masjid dengan doanya sebagai berikut,

بِسْمِ اللَّهِ تَوَكَّلْتُ عَلَى اللَّهِ لاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ إِلاَّ بِاللَّهِ

BISMILLAHI TAWAKKALTU ‘ALALLAHI LAA HAWLA WA LAA QUWWATA ILLAA BILLAHI.

Artinya:

“Dengan menyebut nama Allah aku bertawakal kepada-Nya, tidak ada daya dan upaya selain dari Allah semata”. [HR. Tirmidzi no. 3426 dan Abu Dawud no. 5095. Dinilai shahih oleh Ibnu Hibban dalam Shahihnya no. 2375 dan Syeikh Al-Albani dalam Al-Misykah no. 2443]

اللَّهُمَّ اجْعَلْ فِي قَلْبِي نُورًا وَفِي بَصَرِي نُورًا وَفِي سَمْعِي نُورًا وَعَنْ يَمِينِي نُورًا وَعَنْ يَسَارِي نُورًا وَفَوْقِي نُورًا وَتَحْتِي نُورًا وَأَمَامِي نُورًا وَخَلْفِي نُورًا وَاجْعَلْ لِي نُورًا

ALLAHUMMAJ’AL FII QALBII NUURAANN WA FII BASHARII NUURAANN WA FII SAM’II NUURAANN WA ‘AN YAMIINII NUURAANN WA ‘AN YASAARII NUURAANN WA FAWQII NUURAANN WA TAHTII NUURAANN WA AAMAAMII NUURAANN WA KHALFII NUURAANN WAJ’AL LII NUURAANN.

Artinya:

“Yaa Allah, Berilah cahaya di hatiku, di penglihatanku dan di pendengaranku, berilah cahaya di sisi kananku dan di sisi kiriku, berilah cahaya di atasku, di bawahku, di depanku dan di belakangku, Yaa Allah berilah aku cahaya.” [HR. Bukhari no. 6316 dan Muslim no. 763].

Hikmah dari membaca doa menuju masjid adalah bahwa kita akan diberikan ketenangan dan keselamatan dalam perjalanan menuju masjid serta pahala yang berlimpah. Dalam berdoa pun kita juga harus ikhlas dan niat pada Allah dengan sungguh-sungguh. Jangan pernah berniat untuk ingin dilihat oleh orang lain dan mendapatkan pujian, karena hal ini akan menggugurkan pahala anda.

Doa Keluar Masjid

Dalam membaca doa masuk dan keluar masjid ada beberapa ulama yang berpendapat bahwa akan lebih utama saat membaca doa masuk masjid diawali dengan melangkahkan kaki kanan terlebih dahulu dan kaki kiri saat keluar. Hal ini lebih mengutamakan kanan terlebih dahulu sebagai wujud kebaikan untuk permulaan dalam melakukan sebuah aktivitas dan kiri untuk mengakhirinya. Hal ini menunjukkan bahwa setiap awal dan akhir aktivitas harus dengan menyebut atas nama Allah. Adapun tata cara berdoa keluar masjid adalah melangkahkan kaki kiri terlebih dahulu dengan membaca doa sebagai berikut,

اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ مِنْ فَضْلِكَ

ALLAHUMMA INNII AS-ALUKA MIN FADHLIKA.

Artinya:

“Ya Allah, aku meminta kurnia-Mu”.

Doa Masuk Masjidil Haram dan Masjidin Nabawi

Bagi Anda yang sedang melalukan ibadah Haji maupun Umrah, ketika memasuki masjidil haram maupun masjidin nabawi, dianjurkan untuk membaca doa berikut ini:

Doa Masuk Masjidil Haram dan Masjidin Nabawi

ALLAHUMMA ANTAS-SALAAM, WA MINKAS-SALAAM, WAILAIKA YA’UUDUS-SALAAM, FAHAYYINAA RABBANAA BIS-SALAAM, WA ADKHILNAAL JANNATA DAARAS-SALAAM, TABAARAKTA RABBANAA WATA’AALAITA YAA DZAL JALAALI WAL IKRAAM. ALLAHUMMAFTAH LII ABWAABA RAHMATIK. BISMILLAHI WALHAMDULILLAHI WAS SHOLAATU WASSALAAMU ‘ALA RASUULILLAH.

Artinya:

“Ya Allah, Engkau sumber keselamatan dan daripada-Mulah datangnya keselamatan dan kepada-Mu kembalinya keselamatan. Maka hidupkanlah kami wahai Tuhan, dengan selamat sejahtera dan masukkanlah kami ke dalam surga negeri keselamatan. Maha banyak anugerah-Mu dan Maha Tinggi Engkau wahai Tuhan yang memiliki keagungan dan kehormatan. Ya Allah, bukakanlah untukku pintu-pintu rahmat-Mu (aku masuk masjid ini) dengan nama Allah disertai dengan segala puji bagi Allah serta shalawat dan salam untuk Rasulullah.”

Tata cara ketika masuk masjidil haram maupun masjidin nabawi sebenarnya sama dengan memasuki masuk masjid pada umumnya. Diantara adabnya adalah bahwa kita harus mengenakan pakaian terbaik yang bersih dan suci. Kedua, kita harus bersikap tenang dan sopan. Ketiga, menyegerakan waktu menuju masjid saat waktu sholat tiba. Diantara tata cara tersebut, merupakan hal yang dianjurkan bagi umat islam untuk senantiasa beradab dalam beribadah.

Itulah ulasan dari adab serta bacaan doa masuk dan keluar masjid yang seperti dicontohkan oleh Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam. Diatas juga sudah kami sertakan bacaan ketika memasuki masjidil haram dan masjidin nabawi lengkap dengan lafadz arab, latin serta artinya. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *