Doa Sebelum dan Sesudah Bangun Tidur Sesuai Tuntunan Nabi Muhammad SAW

Diposting pada

Doa Sebelum dan Sesudah Bangun Tidur – Manusia setiap hari memiliki aktivitas yang padat. Setelah seharian melakukan berbagai kegiatan pastinya manusia akan lelah. Istirahat merupakan kegiatan relaksasi untuk mendapatkan kesegaran kembali. Tidur merupakan istirahat yang paling dianjurkan agar tubuh kembali segar.

Tidur yang sehat pun harus dilakukan dengan posisi yang benar, agar saraf-sarat tubuh pun kembali rileks. Dalam islam, terdapat adab atau tata cara tidur. Adab ini sebaiknya dilakukan agar tidur yang kita lakukan tidak sekedar istirahat namun juga terdapat unsur ibadah di dalamnya. Adab tidur, salah satunya dalam membaca doa sebelum dan sesudah bangun tidur.

Doa Sebelum Tidur

بِسْمِكَ اللّهُمَّ اَحْيَا وَ بِسْمِكَ اَمُوْتُ

BISMIKA ALLAHUMMA AHYAA WA BISMIKA AMUUTU.

Artinya:

“Dengan menyebut nama-Mu Ya Allah aku hidup dan dengan menyebut nama-Mu aku mati.”

Berdasarkan doa mau tidur tersebut kita dapat mengetahui bahwa dengan membaca doa sebelum tidur, kita meminta izin kepada Allah SWT untuk mati sementara. Hal ini dikarenakan berdasarkan penelitian, ketika orang dalam keadaan tertidur maka seluruh tubuh akan mati atau tidak beraktivitas sama sekali, kecuali otak yang otak yang masih memberi perintah kepada organ-organ tubuh untuk terus bekerja selama manusia tertidur seperti jantung dan paru-paru.

Allah Maha Kuasa dan ketika Allah berkehendak untuk mematikan aktivitas otak pada saat kita tertidur, tentu hal ini sangat mungkin terjadi. Allah maha pengasih dan penyayang karena Ia masih memberikan kesempatan bagi kita untuk bernafas dan membuat jantung kita tetap berdegup meskipun saat kita tidur.

Maka ketika kita membaca doa mau tidur, kita tentu harus menghayati betapa kita harus bersyukur atas nikmat Allah karena kita masih dapat bangun di pagi hari setelah semalaman terlelap. Setelah kita bangun, badan pun terasa segar kembali sehingga dapat beraktivitas seperti sedia kala.

Doa Sesudah Bangun Tidur

Doa Sebelum dan Sesudah Bangun Tidur Sesuai Tuntunan Nabi Muhammad SAW

Bangun tidur adalah nikmat yang luar biasa karena Allah masih memberi kesempatan kepada kita untuk tetap dapat bernafas. Membaca doa bangun tidur juga merupakan bentuk rasa syukur pada Allah. Doa bangun tidur dengan lafadz arab, latin dan artinya adalah sebagai berikut:

اَلْحَمْدُ ِللهِ الَّذِىْ اَحْيَانَا بَعْدَمَآ اَمَاتَنَا وَاِلَيْهِ النُّشُوْرُ

ALHAMDULILLAHIL LADZII AHYAANAA BA’DAMAA AMAATANAA WA ILAIHIN NUSYUURU.

Artinya:

“Segala puji bagi Allah yang telah menghidupkan kami kembali setelah mematikan kami dan kepadanya-Nya kami akan dibangkitkan.”

Doa sebelum dan sesudah bangun tidur tersebut diambil dari sebuah hadits sahih riwayat muslim. Dari Barra’ yang artinya sebagai berikut:

“Sesungguhnya Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam jika mulai berbaring di tempat tidurnya dia berkata: “Ya Allah dengan nama-Mu aku hidup dan dengan namamu aku mati.” dan jika bangun dari tidur ia berkata: “Segala puji bagi Allah yang telah menghidupkan kami kembali setelah mematikan kami dan kepada-Nya lah akan dibangkitkan.” (H.R Muslim)

Baik membaca doa sebelum dan sesudah bangun tidur memiliki manfaat yang baik bagi diri kita. Tidur kita akan terjaga dari mimpi buruk dan gangguan setan. Tanpa membaca doa sebelum tidur, kemungkinan untuk mengalami mimpi buruk akan lebih besar. Bahkan susah tidur pun dapat dialami. Ketika seseorang susah tidur maka ia dianjurkan untuk membaca doa susah tidur.

Sebelum beranjak ke tempat tidur, ditekankan untuk berwudhu terlebih dahulu. Kemudian setelah itu membaca doa sebelum tidur seperti yang telah diajarkan, serta diikuti dengan membaca Al-fatihah dan ayat kursi. Pasrahkan segala sesuatu kepada Allah sambil terus berdzikir. Dengan membaca doa sebelum dan sesudah bangun tidur, kita telah beribadah kepada Allah. Tidur kita tenang dan mendapatkan pahala dari Allah, begitu juga setelah bangun tidur kita dapat bersyukur dengan membaca doa bangun tidur.

Keutamaan Membaca Doa Sebelum dan Sesudah bangun Tidur

Setiap amalan dan ibadah yang dianjurkan dijalankan dalam Islam pasti memiliki manfaat, baik yang dapat dirasakan langsung maupun manfaat yang tersirat dan harus kita pahami. Membaca doa sebelum tidur merupakan suatu wujud pemasrahan diri kepada Allah ketika kita tidur. Manusia tak akan pernah tahu apa yang terjadi ketika ia sudah tertidur lelap. Allah Maha berkehendak, bahkan ada orang yang tertidur dan tidak dapat bangun kembali.

Selain itu, doa sebagai pengantar tidur akan memberikan ketenangan, terhindar dari gangguan syetan berupa mimpi buruk serta dapat membangunkan kita di waktu subuh. Adapun membaca doa bangun tidur merupakan wujud rasa syukur atas nikmat Allah yang masih memberikan kesempatan kepada kita untuk bisa bangun dari tidur.

Demikian ulasan mengenai doa sebelum dan sesudah bangun tidur yang dilengkapi dengan lafadz arab, tulisan latin serta artinya. Hal ini tentu akan memudahkan bagi anak-anak yang ingin belajar menghafalkan doa dengan benar. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *