Doa Sebelum dan Sesudah Makan

Diposting pada

Shahih – Doa merupakan hal yang wajib untuk dibaca sebelum melakukan kegiatan ataupun setelah melakukan suatu kegiatan. Doa yang dibaca sebelum melakukan suatu kegiatan bertujuan sebagai salah satu ungkapan rasa syukur atau sebagai wujud permintaan keridhoan Allah untuk apa yang akan kita lakukan. Sedangkan doa yang dibaca setelah melakukan suatu kegiatan juga merupakan salah satu wujud syukur kita. Begitu juga dengan doa sebelum dan sesudah makan yang akan kita bahas kali ini.

Makan adalah kegiatan yang menjadi rutinitas kita sehari-hari. Menyantap hidangan adalah suatu bentuk rejeki yang harus kita syukuri. Itulah sebabnya sebelum makan dan sesudah makan kita dituntut untuk membaca doa. Sebagai bentuk atau wujud rasa syukur kita terhadap apa yang dapat kita santap hari ini.

Doa Sebelum dan Sesudah Makan atau Minum

Doa Sebelum dan Sesudah Makan atau Minum

Selain doa sebelum makan maupun sesudah makan, kita sebagai seorang muslim juga dianjurkan untuk memiliki adab makan yang baik. Adab makan yang dimaksud bukan hanya sekedar memanjatkan doa saja, namun juga dengan tata cara makan yang benar dan baik juga tentunya sesuai ajaran Rasulullah SAW.

Umar bin Abu Salamah berkata: “waktu aku masih kecil dan berada di bawah asuhan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam, tanganku bersileweran di nampan saat makan. Maka Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: Wahai Ghulam, bacalah Bismilllah, makanlah dengan tangan kananmu dan makanlah makanan yang ada di hadapanmu. Maka seperti itulah gaya makanku setelah itu.” (HR. Al-Bukhari No. 4957).

Dalam hadist tersebut dijelaskan bahwa bacaan yang sah ketika akan memulai menyantap hidangan atau makan adalah dengan membaca basmalah. Selain itu, dalam hadist tersebut dijelaskan mengenai adab makan yang baik. Namun, doa sebelum dan sesudah makan yang biasa kita baca dalam sehari-hari bukanlah sekedar bacaan basmalah saja dan juga bukan hamdalah saja.

Doa Sebelum Makan dan Minum

Berdasarkan hadis riwayat Ibn al-Suni dari Abdullah bin ‘Amr bin ‘Ash ra dijelaskan bahwa setiap Rasulullah diberi hidangan makanan, beliau selalu membaca bacaan berikut:

اللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِيمَا رَزَقْتَنَا وَقِنَا عَذَابَ النَّار

Tulisan latinnya:

ALLAHUMMA BAARIKLANAA FIIMAA RAZAQTANAA WAQINAA ‘ADZAABAN-NAAR.

Artinya:

Ya Allah berkahilah rizki yang telah Engaku berikan kepada kami dan jauhkanlah kami dari siksa neraka.

Jangan lupa, setiap sebelum membaca doa baik sebelum makan atau sesudah makan, kamu harus mengucapkan kalimat basmallah terlebih dahulu. Hal ini seperti yang terdapat pada hadist Rasulullah SAW yang sudah dituliskan diatas. Diusahakan untuk membaca kalimat basmallah yang lengkap, yaitu:

بسم الله الرحمن الرحيم

Tulisan latinnya:

BISMILLAHIR-RAHMAANIR-RAHIIM.

Artinya:

Dengan menyebut nama Allah yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang.

Doa Setelah Makan dan Minum

Dalam hadis riwayat Abu Dawud, al-Tirmidzi dan Ibn Majah dari Abu Said al-Khudri dijelaskan bahwa Rasulullah SAW apabila setelah selesai menyantap hidangan maka beliau membaca:

الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِى أَطْعَمَنَا وَسَقَانَا وَجَعَلَنَا مُسْلِمِين

Tulisan latinnya:

ALHAMDULILLAHIL-LADZII ATH’AMANAA WASAQOONAA WA JA’ALNAA MUSLIMIIN.

Artinya:

Segala puji bagi Allah yang telah memberikan makan dan minum kepada kami dan menjadikan kami sebagai kaum muslimin.

Adab Makan dalam Islam

Seperti dalam hadist Al Bukhari No. 4957 yang mana menerangkan tentang doa sebelum makan yang berupa bacaan basmalah. Sekaligus menjelaskan tentang makan menggunakan tangan kanan dan juga menyantap hidangan yang ada dihadapan kita. Dari hadist ini kita diajarkan mengenai adab makan yang baik dan juga benar bagi kita selaku seorang muslim.

Adab yang pertama adalah dengan membaca bacaan basmalah, yang berarti kita memuji nama Allah. Hal ini merupakan salah satu wujud bahwa kita mensyukuri apa yang Allah berikan kepada kita. Termasuk hidangan yang dapat kita santap hari ini. Sehingga bacaan basmalah jangan sampai lupa untuk di ucapkan sebelum kamu menyantap hidangan.

Dari Anas bin Malik, “Sesungguhnya Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Sesungguhnya Allah ridha terhadap seorang hamba yang menikmati makanan lalu memuji Allah sesudahnya atau meneguk minuman lalu memuji Allah sesudahnya.” (HR Muslim no. 2734)

Selain membaca basmalah, kita juga dianjurkan untuk makan dengan menggunakan tangan kanan dan tidak diperbolehkan menggunakan tangan kiri. Hal ini dikarenakan tangan kanan dianggap lebih baik daripada tangan kiri. Tangan kiri merupakan tangan yang digunakan syaitan ketika makan. Sehingga kita dilarang untuk makan ataupun minum dengan menggunakan tangan kiri agar tidak menyerupai syaitan.

Seperti yang dijelaskan pada hadist riwayat HR Muslim No. 2019, dari Jabir bin Aabdillah radhiyallahu ‘anhu Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “janganlah kalian makan dengan tangan kiri karena syaitan itu juga makan dengan tangan kiri.”

Selain itu kita juga dianjurkan untuk memakan makanan yang dihidangkan dihadapan atau didekat kita. Hal ini merupakan salah satu adab makan yang baik dan juga sopan. Kurang sopan rasanya jika kita menyantap hidangan yang ada dihadapan orang lain.

Nah, itulah beberapa adab makan yang baik serta doa sebelum dan sesudah makan yang dianjurkan untuk kita amalkan. Dengan membaca doa tersebut, menjadikan kita selalu ingat kepada Allah SWT dan menjadikan setiap kegiatan sebagai sebuah ibadah. Wallahu a’lam.

Loading...