2+ Doa untuk Kedua Orang Tua yang Paling Tepat, Diambil dari Al-Qur’an

Diposting pada

Shahih – Salah satu doa yang harus diketahui dengan baik dan juga diamalkan dalam kehidupan sehari-hari tentu saja adalah doa untuk kedua orang tua. Ya, doa kepada kedua orang tua adalah doa yang perlu dan wajib untuk dihafalkan oleh setiap anak.

Doa yang dibaca untuk kedua orang tua juga merupakan salah satu bentuk bakti seorang anak kepada orang tua mereka. Hal ini tentu saja harus menjadi salah satu pemahaman terkait doa kepada kedua orang tua yang ternyata sangat penting untuk diamalkan.

Pentingnya posisi orang tua ini tercantum dalam firman Allah SWT yang berbunyi

وَقَضَى رَبُّكَ أَلاَّ تَعْبُدُوا إِلآ إِيَّاهُ وَبِالْوَالِدَيْنِ إِحْسَانًا

Dan Rabbmu telah memerintahkan supaya kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah kamu berbuat baik pada ibu bapakmu. [QS. Al Isra’ : 23].

Doa untuk Kedua Orang Tua: Lafadz Arab, Latin dan Artinya

Doa untuk Kedua Orang Tua yang Paling Tepat Diambil dari Al Quran

Dari beberapa pengantar di atas dapat dilihat bahwa mendoakan orang tua merupakan salah satu kewajiban seorang anak yang senantiasa harus diamalkan setiap hari. Anak yang selalu mendoakan kedua orang tua mereka tentu saja merupakan anak yang sholeh dan sholehah yang senantiasa dinaungi dengan keberkahan serta kemuliaan.

Lantas, bagaimana doa untuk kedua orang tua yang bisa kita baca dalam amalan sehari-hari? Perlu diketahui bahwa doa untuk orang tua merupakan salah satu doa yang cukup mudah untuk dihafal, terutama untuk mereka yang sudah mulai diajari semenjak kecil oleh asatidz dan juga orang tua di rumah.

Ya, doa kepada kedua orang tua memang sudah sering dilafadzkan. Adapun doa yang sesuai dengan sunnah dari Nabi SAW yang bisa diamalkan setiap hari adalah sebagai berikut,

رَبِّ اغْفِرْ لِيْ وَلِوَالِدَيَّ

RABBIGHFIR LII WA LIWAALIDAYYA.

Artinya:

Ya Allah, Ampunilah aku dan ibu-bapakku.. [QS. Nuh : 28].

رَبِّ ارْحَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَانِي صَغِيرًا

RABBIR HAMHUMAA KAMAA RABBAYAANII SHAGHIIRAA.

Artinya:

Wahai Tuhanku! Sayangilah keduanya sebagaimana mereka berdua telah mendidik aku pada waktu kecil”.[QS. Al-Isra’ : 24].

Ada beberapa waktu mustajab yang sangat cocok untuk digunakan dalam mengamalkan doa khusus kedua orang tua, seperti ketika setelah sholat, ketika malam hari, dan beberapa waktu mustajab lainnya.

Hal yang Harus Dilakukan Ketika Orang Tua Sudah Meninggal

Lalu, bagaimana dengan doa untuk orang tua ketika orang tua sudah meninggal? Apakah kita masih perlu mendoakannya? Tentu saja, seorang anak tetap perlu mendoakan kedua orang tua mereka meskipun sudah meninggal karena doa anak yang sholeh akan menjadi penolong bagi kedua orang tua di akhirat kelak.

Dalam hal ini, doa untuk orang tua yang sudah meninggal adalah sama dengan doa ketika orang tua masih hidup. Namun, ada beberapa hal  yang perlu diketahui.

Ketika orang tua sudah meninggal, ada 4 tanggung jawab yang masih berkaitan dengan bakti kepada orang tua. Hal ini seperti yang terdapat pada hadits Nabi SAW sebagai berikut,

Hadits dari Anas bin Malik As Sa’idi, ia berkata: “Saat aku duduk bersama Rasulullah, tiba-tiba ada seorang lelaki dari kaum Anshar yang datang dan bertanya: “Wahai, Rasulullah! Apakah masih ada (perkara) yang tersisa yang menjadi tanggung jawabku berkaitan dengan bakti kepada orang tuaku setelah mereka berdua meninggal yang masih bisa aku lakukan?” Nabi menjawab: “Betul. (Yaitu) ada empat hal: engkau do’akan dan mintakan ampunan bagi mereka, melaksanakan janji mereka, serta memuliakan sahabat-sahabat mereka, juga menyambung tali silaturahmi dengan orang yang ada hubungannya dengan ayah ibu. Inilah (kewajiban) yang masih tersisa dalam berbakti kepada orang tuamu setelah mereka meninggal”. [HR Abu Dawud dan Ahmad].

Sedangkan untuk doa ziarah kubur kepada orang tua, tidak ada doa khusus yang harus dibaca. Hanya saja dianjurkan untuk mambaca doa berikut ini ketika masuk ke makam untuk berziarah,

السَّلَامُ عَلَيْكُمْ أَهْلَ الدِّيَارِ مِنَ الْمُؤْمِنِينَ وَالْمُسْلِمِينَ، وَيَرْحَمُ اللهُ الْمُسْتَقْدِمِينَ مِنَّا وَالْمُسْتَأْخِرِينَ، وَإِنَّا إِنْ شَاءَ اللهُ بِكُمْ لَلَاحِقُونَ أَسْأَلُ اللهَ لَنَا وَلَكُمُ الْعَافِيَةَ

Artinya:

“Semoga keselamatan tercurah kepada kalian, wahai penghuni kubur, dari (golongan) orang-orang beriman dan orang-orang Islam, semoga Allah merahmati orang-orang yang mendahului kami dan orang-orang yang datang belakangan. Kami insya Allah akan menyusul kalian, saya meminta keselamatan untuk kami dan kalian.”

Demikian pemaparan mengenai doa untuk kedua orang tua yang terdapat dalam Al-Qur’an beserta hal apa saja yang harus dilakukan ketika kedua orang tua sudah tiada. Doa pendek tersebut sangat mudah dihafalkan sehingga cocok diajarkan kepada anak pada saat kecil, agar mereka sudah mengetahui bagaimana cara berbakti kepada orang tua secara baik dan benar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *