Doa untuk Orang Sakit Agar Diberi Kesembuhan Sesuai Sunnah Nabi SAW

Diposting pada

Shahih – Sakit memang merupakan ujian yang harus diterima oleh manusia dari sang pencipta. Sakit yang datang tentu saja harus diyakini sebagai sebab atas dosa yang telah dilakukan atau sebagai sarana penghapusan dosa bagi seseorang. Namun, ketika sedang sakit, sudah sepantasnya kita berdoa agar sakit tersebut cepat sembuh dan kita dapat kembali pada rutinitas biasanya. Oleh karena itu, pembahasan mengenai doa untuk orang sakit menjadi penting untuk dibahas.

Islam mengajarkan umatnya untuk senantiasa berdoa baik dikala sehat maupun sewaktu sakit. Ketika menjenguk seseorang yang sakit, Islam mengajarkan untuk membaca doa menjenguk orang sakit, bukan hanya membawa makanan atau hal lainnya. Hal ini dikarenakan doa tersebut dapat merupakan doa mohon kesembuhan yang memang dibutuhkan oleh seseorang yang sakit.

Dalam hal ini, kita akan membahas doa minta kesembuhan sesuai sunnah yang sudah diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW. Membaca doa sesuai dengan petunjuk tentu saja lebih utama. Simak beberapa penjelasan mengenai hal tersebut di bawah ini.

Doa untuk Orang Sakit yang Diajarkan Oleh Rasulullah SAW

Doa untuk Orang Sakit Agar Diberi Kesembuhan Sesuai Sunnah Nabi SAW

Mungkin anda bertanya tentang doa ketika sakit mana yang harus dibaca demi kesembuhan dan sesuai dengan sunnah Nabi Muhammad SAW? Memang, dalam hal ini, sebenarnya anda bisa saja membaca doa meminta kesembuhan lain yang anda inginkan, namun Nabi Muhammad SAW memberikan petunjuknya. Adapun doa yang harus dibaca adalah,

اللَّهُمَّ رَبَّ النَّاسِ مُذْهِبَ الْبَاسِ اشْفِ أَنْتَ الشَّافِى لاَ شَافِىَ إِلاَّ أَنْتَ ، شِفَاءً لاَ يُغَادِرُ سَقَمًا

ALLAHUMMA RABBAN NAAS MUDZHIBAL BA’SI ISYFI ANTASY-SYAAFII LAA SYAFIYA ILLAA ANTA SYIFAA’AN LAA YUGHAADIRU SAQOMAN.

Artinya:

“Ya Allah Wahai Tuhan segala manusia, hilangkanlah penyakitnya, sembukanlah ia. (Hanya) Engkaulah yang dapat menyembuhkannya, tidak ada kesembuhan melainkan kesembuhan dariMu, kesembuhan yang tidak kambuh lagi.” ( HR. Bukhari, no. 5742; Muslim, no. 2191)

Doa tersebut merupakan doa yang cukup ringkas dan bisa dibaca untuk siapa saja. Tidak hanya doa untuk anak sakit, doa tersebut juga bisa dibaca untuk orang dewasa yang sedang sakit baik ringan maupun berat.

Adakah doa yang lainnya?

Jawabanya, tentu saja ada. Salah satunya adalah doa nabi ayub. Doa ini dibaca Nabi Ayub ketika beliau sakit keras. Adapun doa yang dibaca oleh Nabi Ayub yang merupakan doa kesehatan adalah

رَبِّ أَنِّى مَسَّنِيَ الضُّرُّ وَأَنْتَ أَرْحَمُ الرَّاحِمِيْنَ

ROBBI ANNII MASSANIYADH-DHURRU WA ANTA ARHAMAR ROOHIMIIN.

Artinya :

Ya Tuhanku, sesungguhnya aku telah ditimpa penyakit dan Engkau adalah Tuhan Yang Maha Penyayang di anatara semua penyayang. (QS. Al-Anbiyaa : 83)

Tentu saja, karena sudah dicontohkan oleh nabi terdahulu, salah satu doa untuk orang sakit tersebut bisa menjadi pilihan anda. Anda bisa saja membaca doa tersebut dengan niat mendapatkan kesembuhan atas apa yang anda rasakan dari Allah SWT.

Selain itu, ada cara lain dalam pilihan doa untuk orang tua yang sakit maupun rekan yang lain. Doa ini juga merupakan salah satu anjuran mengenai doa minta kesembuhan untuk diri sendiri. Lalu, apa doa yang harus dibaca dalam hal ini?

Surat Al Fatihah Sebagai Penyembuh Penyakit

Anda perlu tahu bahwa sebenarnya Al Qur’an adalah penyembuh. Nama lain dari Al Qur’an adalah As Syifa yang berarti obat. Dalam hal ini, Al Qur’an bisa digunakan sebagai bacaan untuk menyembuhkan seseorang yang sakit. Salah satu yang disarankan adalah dengan membaca Al Fatihah.

Untuk menyembuhkan penyakit, anda bisa membaca Al Fatihah yang dibarengi dengan bermunajat kepada Allah. Bacakan Al Fatihah pada telapak tangan lalu gunakan telapak tangan tersebut untuk menggosok area badan yang terkena penyakit. Hal ini juga disarankan untuk dilakukan pada saat menjelang tidur.

“…Wahai Rasulullah, aku tidaklah meruqyah kecuali dengan membaca surat Al Fatihah.” Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam lantas tersenyum dan berkata, “Bagaimana engkau bisa tahu Al Fatihah adalah ruqyah (artinya: bisa digunakan untuk meruqyah)?” Beliau pun bersabda, “Ambil kambing tersebut dari mereka dan potongkan untukku sebagiannya bersama kalian.” (HR. Bukhari no. 5736 dan Muslim no. 2201).

Saat mengalami musibah berupa sakit, baik itu sakit ringan atau parah, anda diharuskan untuk tawakal dan berusaha mencari kesembuhan dengan cara meminta kepada Allah SWT, Zat yang Maha Menyembuhkan serta mencari obat yang sesuai dengan penyakit yang diderita.

Berikut haditst dari sahabat Abu Hurairah, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

مَا أَنْزَلَ اللهُ دَاءً إِلاَّ أَنْزَل لَهُ شِفَاءً

“Tidaklah Allah menurukan suatu penyakit, kecuali Allah juga menurunkan obatnya” HR Bukhari 5354).

Demikian pembahasan mengenai doa untuk orang sakit beserta tulisan latin dan terjemahannya. Doa tersebut dapat anda amalkan baik saat menjenguk kerabat, memohonkan kesembuhan kepada anak, orang tua maupun untuk diri sendiri. Selalu yakin setiap penyakit pasti ada obatnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *