Hadist Menuntut Ilmu Beserta Keutamaan dan Kewajibannya Dalam Islam

Diposting pada

Shahih – Menurut peraturan perundang-undangan, memperoleh pendidikan yang layak tentunya adalah hak bagi setiap warga negara. Setiap warga negara berhak dan wajib untuk menuntut ilmu. Begitu pula keutamaan menuntut ilmu di dalam islam. Terdapat banyak sekali hadist menuntut ilmu dari Rasulullah SAW maupun firman Allah SWT dalam Al-Qur’an. Hal ini menunjukkan bahwa aktivitas menuntut ilmu merupakan salah satu hal yang penting untuk dilakukan oleh seorang muslim.

Disisi lain, menuntut ilmu juga merupakan salah satu kewajiban yang harus dijalani oleh seseorang. Hal ini karena ilmu akan memberikan banyak sekali manfaat bagi para pencarinya. Dengan ilmu, maka seseorang akan menjadi lebih pandai dan dapat memahami mana yang baik dan mana yang buruk dengan lebih mudah.

Ilmu juga akan membuat seseorang menjadi lebih bijak. Dalam beragam masalah yang muncul di masyarakat, misalnya, seringkali pemecahan masalah diserahkan pada seseorang yang memiliki ilmu. Dalam hal ini, ia bisa menggunakan ilmu yang ia miliki sebagai sarana untuk memberikan saran yang tepat sehingga terbangun keadilan dan kondisi aman yang diidamkan. Tentu saja hal semacam ini tidak akan ditemukan pada seseorang yang sama sekali tidak berilmu.

Hadist Menuntut Ilmu beserta Keutamaannya Dalam islam

Hadist Menuntut Ilmu Beserta Keutamaan dan Kewajibannya Dalam Islam

Ilmu Terbagi Menjadi 2 Macam

Ilmu itu sangat luas. Ada berbagai macam bentuk ilmu. Secara sederhana, ada dua macam ilmu di dunia ini. Yang pertama adalah adalah ilmu pengetahuan atau biasa disebut ilmu dunia. Yang kedua adalah ilmu agama atau disebut juga ilmu akhirat. Hal ini dapat dilihat dalam hadist tentang menuntut ilmu berikut:

مَنْ أَرَا دَالدُّنْيَا فَعَلَيْهِ بِا لْعِلْمِ، وَمَنْ أَرَادَالْاآخِرَةَ فَعَلَيْهِ بِالْعِلْمِ، وَمَنْ أَرَادَهُمَا فَعَلَيْهِ بِالْعِلْمِ

Yang artinya adalah:

“Barang siapa yang menghendaki kehidupan dunia maka wajib baginya memiliki ilmu, dan barang siapa yang menghendaki kehidupan Akherat, maka wajib baginya memiliki ilmu, dan barang siapa menghendaki keduanya maka wajib baginya memiliki ilmu.” (HR. Tirmidzi)

Ilmu merupakan kunci keluar dari berbagai macam permasalahan yang terjadi kepada manusia. Ilmu dapat mengatasi permasalahan-permasalahan, baik yang berhubungan dengan persoalan di dunia maupun di akhirat. Untuk itu kewajiban menuntut ilmu disematkan kepada setiap orang, baik laki-laki maupun perempuan. Hal ini seperti yang terdapat pada hadist berikut,

طَلَبُ الْعِلْمِ فَرِيْضَةٌ عَلَى كُلِّ مُسْلِمٍ وَمُسْلِمَةٍ

Artinya : ”Mencari ilmu itu adalah wajib bagi setiap muslim laki-laki maupun muslim perempuan”. (HR. Ibnu Abdil Barr)

Ilmu juga bisa menjadi alat pengontrol perbuatan. Pengetahuan yang cukup mengenai baik dan buruk yang dimiliki, tentu akan membuat seseorang menjadi paham bagaimana seharusnya ia bersikap.

Ilmu yang Wajib Dipelajari untuk Mencapai Kesejahteraan

Ilmu yang wajib dipelajari oleh seorang muslim adalah ilmu tentang agama. Ilmu agama merupakan pondasi bagi seorang muslim agar dapat mencapai kebahagiaan di dunia maupun di akhirat. Ilmu agama sendiri sudah meliputi ilmu dunia.

Selain hadist menuntut ilmu, ada ayat Al-Qur’an tentang menuntut ilmu dapat kita jumpai dalam surat Al-Taubah ayat 122 yang artinya sebagai berikut:

“Dan tidak sepatutnya bagi orang-orang mukmin itu pergi semuanya (ke medan perang). Mengapa tidak pergi sebagian dari tiap-tiap golongan di antara mereka beberapa orang untuk memperdalam pengetahuan mereka tentang agama dan untuk memberi peringatan untuk kaumnya apabila mereka telah kembali kepadanya, supaya mereka dapat menjaga dirinya.”

Dalam ayat tersebut telah dijelaskan bahwa Allah telah menjadikan aktivitas menuntut ilmu sebagai amalan yang sama tingkatannya dengan amalan jihad di jalan Allah. Dan bahkan pentingnya menuntut ilmu lebih utama daripada jihad. Itu karena seorang mukmin tidak akan dapat melaksanakan ibadah wajib seperti shalat, zakat, puasa, haji, jihad serta ibadah-ibadah sunnah yang lain jika tidak mempunyai ilmu. Aturan tentang ibadah secara benar tidak akan didapatkan kecuali dengan memiliki ilmu. Untuk itulah ilmu merupakan pokok dari segala sesuatu.

Ayat ini juga menjelaskan bahwa menuntut ilmu sangat penting. Meskipun kita mengalami kesusahan, menuntut ilmu bukanlah hal yang sepele untuk ditinggalkan. Sebagaimana kita tahu, banyak cara yang bisa dilakukan untuk menuntut ilmu.

Keutamaan Menuntut Ilmu Dalam Islam

Keutamaan menuntut ilmu adalah ilmu dapat mengungguli amal. Karena dengan adanya ilmu, sekalipun amalnya kecil, banyak yang dapat merasakan manfaatnya. Tetapi walaupun amalnya besar, ketika tidak ada ilmu, maka tidak akan dapat dirasakan manfaatnya. Mari kita simak hadist tentang ilmu pengetahuan berikut:

“Barang siapa yang keluar untuk mencari ilmu maka ia berada di jalan Allah hingga ia pulang.” (HR. Tirmidzi)

Mahfudzot Tentang Menuntut Ilmu

Selain dalam ayat al-Qur’an dan As-Sunnah, ternyata keutamaan menuntut ilmu agama juga terdapat dalam kata-kata hikmah. Kata-Kata hikmah inilah yang sering disebut dengan mahfudzot. Salah satu mahfudzot tentang ilmu yaitu:

أُطْلُبِ الْعِلْمَ مِنَ الْمَهْدِ إِلَى الَّلحْدِ

Artinya adalah: “Carilah ilmu sejak dari buaian hingga ke liang lahat.”

Hal ini menjelaskan bahwa ilmu itu perlu dicari sejak kecil hingga meninggal nanti. Bahwa seorang manusia diwajibkan untuk terus belajar sepanjang hidupnya, tanpa pernah berhenti.

Pembahasan mengenai keutamaan ilmu syar’i juga mencakup keutamaan orang-orang yang berilmu. Hal ini dapat dilihat dalam hadist menuntut ilmu berikut:

مَنْ سَلَكَ طَرِيْقًا يَلْتَمِسُ فِيْهِ عِلْمًا سَهَّلَ اللهُ بِهِ طَرِيْقًا إِلَى الْجَنَّةِ

Yang artinya:

“Barang siapa yang menempuh jalan untuk mencari suatu ilmu. Niscaya Allah memudahkannya ke jalan menuju surga.” (HR. Tirmidzi)

Itulah bahasan singkat kami mengenai hadist menuntut ilmu, tentang kewajiban sebagai seorang muslim untuk menuntut ilmu baik itu pengetahuan dunia maupun ilmu akhirat. Dalam islam sendiri, menuntut ilmu juga memiliki keutamaan yang sangat baik untuk orang yang mau mencarinya. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *