Ini Gambaran Neraka Mulai dari Siksa Ringan – Paling Berat, Mengerikan!

Diposting pada

Shahih – Bagi umat muslim, mempercayai adanya keberadaan neraka merupakan suatu kewajiban. Banyak hadist dan ayat Al-Qur’an yang dengan gamblang memuat gambaran neraka. Adanya gambaran mengenai neraka ini dimaksudkan untuk membuat manusia memiliki rasa takut untuk melakukan dosa. Muslim yang berdosa akan terlebih dulu dimasukkan ke dalam neraka sebelum akhirnya dapat ditempatkan di surga. Sedangkan orang-orang yang menyekutukan Allah akan berada di dalamnya selama-lamanya.

Ini Gambaran Neraka Mulai dari Siksa Ringan hingga Paling Berat

Ada berbagai macam penyebab manusia dimasukkan ke dalam neraka. Diantaranya adalah siksa neraka bagi orang yang berzina. Orang yang berzina akan mendapatkan siksaan yang pedih. Rasulullah SAW dalam haditsnya pernah menggambarkan hal ini:

“Ada pun laki-laki dan wanita telanjang yang berada di bangunan seperti tungku api adalah para laki-laki dan perempuan pezina.” (H.R. Al-Bukhari).

Seperti yang sudah kita ketahui bahwa neraka sangat identik dengan api. Bahkan di dalam hadist di atas juga disebutkan bahwa di dalam neraka terdapat bangunan seperti tungku api. Tungku api inilah yang nantinya akan membakar para penghuni neraka. Para penghuni neraka tersebut diibaratkan sebagai sesuatu yang terkurung didalam tungku api yang panas atau menjadi bahan bakarnya. Dapat dipastikan itu merupakan gambaran siksa api neraka yang mengerikan.

Gambaran Neraka dari Siksa Paling Ringan hingga Paling Berat

Islam mempunyai aturan bahwa setiap amalan perbuatan akan mendapat ganjaran sesuai dengan baik buruknya amalan tersebut. Amalan baik akan diganjar dengan pahala, sedangkan amalan buruk akan diganjar dengan dosa. Amalan baik juga akan membuat manusia mendapatkan nikmat dan ketenangan di dunia. Begitupun amalan buruk yang akan membuat manusia merasa sengsara dan tidak mendapatkan ketenangan selama hidup di dunia.

Allah SWT telah memperingatkan manusia mengenai berbagai macam siksaan dalam neraka. Dari mulai siksa neraka paling ringan, hingga yang paling berat. Maka coba kita renungi baik-baik siksaan bagi para penghuni neraka yang sudah tercantum dalam ayat Al-Qur’an. Dan semoga kita semua terhindar darinya. Di antara siksaan-siksaan bagi penduduk neraka dapat dilihat dalam surat An-Nisa ayat 56 berikut ini:

إِنَّ الَّذِينَ كَفَرُوا بِآيَاتِنَا سَوْفَ نُصْلِيهِمْ نَارًا كُلَّمَا نَضِجَتْ جُلُودُهُمْ بَدَّلْنَاهُمْ جُلُودًا غَيْرَهَا لِيَذُوقُوا الْعَذَابَ ۗ إِنَّ اللَّهَ كَانَ عَزِيزًا حَكِيمًا

Ayat tersebut memiliki arti:

“Sesungguhnya orang-orang yang kafir kepada ayat-ayat Kami, kelak akan Kami masukkan mereka ke dalam neraka. Setiap kali kulit mereka hangus, Kami ganti kulit mereka dengan kulit yang lain, supaya mereka merasakan azab. Sesungguhnya Allah Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana.” [QS. An-Nisa’ : 56].

Penghuni Neraka Menurut Al-Qur’an

Allah SWT telah membuat penggambaran neraka dengan cukup jelas akan kengeriannya. Hal tersebut dilakukan guna memperingatkan manusia agar berhati hati terhadap apa yang mereka lakukan di dunia. Dengan gambaran neraka menurut Al-Qur’an tersebut, diharapkan manusia dapat merasa takut untuk berbuat dosa. Karena tidak ada sesuatu pun yang lebih keras serta lebih dahsyat dari api neraka.

Neraka adalah seburuk-buruknya tempat kembali. Neraka hanya diperuntukkan bagi siapa saja yang telah kufur terhadap Allah, telah mengingkari perintah-Nya, dan juga mendustakan para Nabi dan Rasul-Nya. Allah telah menyiapkan neraka khusus bagi orang-orang munafik, musyrik dan kafir tersebut. Neraka tersebut bernama neraka Hawiyah. Neraka ini terletak di bagian paling dasar atau kerak neraka. Dalam surat Al-Qari’ah ayat 9 terdapat gambaran neraka yang merupakan tempat kembali bagi orang-orang kafir:

فَأُمُّهُ هَاوِيَةٌ

Artinya: “maka tempat kembalinya adalah neraka Hawiyah.” [QS. Al-Qari’ah : 9].

Macam-Macam dan Nama-Nama Neraka

Tidak ada satupun manusia di bumi ini yang dengan suka cita mau untuk masuk ke dalam neraka. Namun janji Allah adalah pasti. Bagi siapapun yang ingkar kepada-Nya akan mendapatkan balasan yang setimpal. Untuk itulah Allah menciptakan macam-macam neraka. Terdapat berbagai pengetahuan mengenai neraka yang akan membuat manusia membayangkannya untuk kemudian merasa takut. Ketakutan terhadap adzab neraka inilah yang nantinya akan membuat mereka bertaubat.

Di dalam Al-Qur’an, telah tercantum nama-nama neraka. Nama-nama neraka tersebut diantaranya: neraka Hawiyah, nekara Jahim, neraka Saqar, neraka Ladza, neraka Huthamah dan neraka Jahanam. Diantara semuanya, neraka Jahanam lah yang paling banyak disebut di dalam Al-Qur’an.

Gambaran neraka Jahannam menurut Islam ini seharusnya membuat kita merasa takut dan semakin berhati-hati dalam melangkah di dunia. Itu semua dikarenakan Allah sendiri telah menjelaskan bahwa neraka Jahannam adalah tempat kembali paling buruk bagi manusia. Ini berarti, tidak ada tempat yang lebih buruk lagi dibandingkan neraka Jahannam. Dalam surat Al-Furqon ayat 66 disebutkan bahwa,

إِنَّهَا سَاءَتْ مُسْتَقَرًّا وَمُقَامًا

“Sesungguhnya Jahannam itu seburuk-buruk tempat menetap dan tempat kediaman.” [QS. Al-Furqan : 66].

Bagi seorang muslim, janganlah hanya takut kepada neraka, namun takutlah kepada siapa pencipta dari semuanya ini. Yaitu Allah subhanallahu wa ta’ala, jangan sampai mengingkari perintahNya dan mengerjakan apa yang dilarangNya. Sebagai penutup, ada hadist yang diajarkan oleh Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam agar kita dihindarkan dari adzab neraka jahanam (dibaca di akhir sholat, sebelum salam) dengan doanya sebagai berikut,

اَللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ عَذَابِ جَهَنَّمَ , وَمِنْ عَذَابِ اَلْقَبْرِ , وَمِنْ فِتْنَةِ اَلْمَحْيَا وَالْمَمَاتِ , وَمِنْ شَرِّ فِتْنَةِ اَلْمَسِيحِ اَلدَّجَّالِ

ALLAHUMMA INNII A ‘UUDZUBIKA MIN ‘ADZAABI JAHANNAM, WA MIN ‘ADZAABIL QABRI, WA MIN FITNATIL MAHYAA WAL MAMAAT, WA MIN SYARRI FITNATIL MASIIHID DAJJAAL.

Artinya:

“Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari adzab Jahannam, dari adzab kubur, dari fitnah kehidupan dan kematian, dan dari keburukan fitnah Masih Dajjal.” (Muttafaq ‘alaih)

Sebenarnya masih banyak gambaran neraka yang disebutkan didalam Al-Qur’an maupun hadist. Beberapa diantaranya menggambarkan seperti apa bentuk api yang terdapat di dalam neraka, siksaan apa saja yang diperuntukkan bagi para penghuninya hingga malaikat-malaikat yang menjaga serta menyiksa mereka tanpa pandang bulu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *