Inilah Doa Setelah Adzan dan Iqomah yang Sesuai Sunnah dari Rasulullah

Diposting pada

Shahih – Mengetahui doa setelah adzan tentu merupakan perihal penting. Ini adalah salah satu amal sunnah yang sangat bagus dilakukan oleh segenap umat Muslim dalam rangka meningkatkan keimanan mereka pada Allah SWT.

Sering kita melihat bahwa terkadang jamaah sholat hanya terbengong atau berbicara saat adzan berkumandang hingga selesai. Dalam hal ini, perlu kiranya kita belajar mengenai doa sesudah adzan dan mengamalkannya. Simak beberapa poin berikut mengenai doa setelah mendengar adzan yang tentu saja bisa menjadi amal tambahan bagi anda. Semoga membantu.

Doa Setelah Adzan Sesuai Sunnah Nabi Muhammad SAW

Doa Setelah Adzan dan Iqomah yang Sesuai Sunnah dari Rasulullah

Dalam hal ini, lantas bagaimana doa selesai adzan yang dapat kita amalkan setiap hari? Sesuai ajaran dari Nabi Muhammad SAW, setelah mendengar adzan, kita sebaiknya membaca doa yaitu:

اَللّٰهُمَّ رَبَّ هٰذِهِ الدَّعْوَةِ التَّآمَّةِ، وَالصَّلاَةِ الْقَآئِمَةِ، آتِ مُحَمَّدَانِ الْوَسِيْلَةَ وَالْفَضِيْلَةَ وَالشَّرَفَ وَالدَّرَجَةَ الْعَالِيَةَ الرَّفِيْعَةَ وَابْعَثْهُ مَقَامًامَحْمُوْدَانِ الَّذِىْ وَعَدْتَهُ اِنَّكَ لاَتُخْلِفُ الْمِيْعَادَ يَآاَرْحَمَ الرَّحِمِيْنَ

Artinya :
“Ya Allah, Tuhan yang mempunyai seruan yang sempurna dan sholat yang tetap didirikan, karuniailah nabi Muhammad tempat yang luhur, kelebihan, kemuliaan, dan derajat yang tinggi. Tempatkanlah dia pada kedudukan yang terpuji seperti yang telah Engkau janjikan. Sesungguhnya Engkau tiada menyalahi janji. wahai dzat yang Maha Penyayang”.

Doa tersebut sangat dianjurkan setelah anda mendengar adzan dimanapun dan tidak hanya ketika anda berada di masjid saja. Ada beberapa manfaat dan keutamaan ketika anda membaca doa ini, yakni akan mendapatkan syafaat dari Nabi Muhammad SAW, hal ini sesuai dengan hadist Nabi SAW yang diriwayatkan oleh Jabbir R.A.

“Dari Jabbir r.a sesungguhnya Nabi SAW bersabda : siapa yang mengucapkan setelah panggilan adzan: Allahumma rabba hadzihidda watittammah washsholatil qaimah ati Muhammadanil wasilata walfadhilah wab’atshu maqamammahmudanilladzi wa’adtah (Ya Allah tumpuan doa yang sempurna dan sholat yang didirikan ini. berilah kiranya Nabi Muhammad wasilah dan kemuliaan, dan tempatkanlah ia pada kedudukan terhormat yang telah engkau janjikan), pasti ia akan memperoleh syafa’atku pada hari kiamat.” (H.R Bukhari)

Lalu, bagaimana dengan iqomah? Apakah kita juga harus membaca doa setelah iqomah? Memang, hal ini sepertinya masih jarang diketahui oleh masyarakat awam dan memang doa yang dibaca setelah iqomah seakan tidak terlalu populer dibandingkan saat mendengar adzan.

Namun, dalam hal ini, Rasulullah SAW mengajarkan untuk membaca sebuah doa setelah mendengar iqomah. Doa yang dibaca dalam hal ini adalah:

اَقَامَهَااللهُ وَاَدَامَهَا مَادَامَتِ السَّمَوَاتُ وَاْلاَرْضُ

Artinya :

“Semoga Allah selalu menegakkan dan mengekalkan adanya shalat selama langit dan bumi masih ada.”

Tulisan latin dari doa setelah Iqomah:

“Aqoomahallahu wa adaamahaa maadaamatis samawaatu wal ardlu”.

Dari penjelasan berikut, tentu kita harus mengubah kebiasaan kita bahwa ternyata ada doa yang cukup pendek yang sebaiknya di baca setelah iqomah dan sebelum melaksanakan sholat.

Amalan Ketika Mendengarkan Adzan

Pembahasan mengenai doa mendengar adzan tentu tidak hanya dibatasi oleh bacaan doa saja. Untuk kesempurnaan ibadah, maka dalam pembahasan mengenai doa setelah adzan, kita sebaiknya juga belajar memahami amalan apa saja yang sebaiknya kita lakukan ketika mendengar adzan.

Ada beberapa amalan yang bisa dilakukan sebelum mengetahui tentang doa menjawab adzan. Amalan yang bisa dilakukan ketika mendengar adzan diantaranya adalah:

  • Mengucapkan kalimat adzan sebagaimana yang diucapkan oleh muadzin.
  • Membaca shalawat atas Nabi Muhammad SAW dengan shalawat Ibrahimiyah yang dibaca ketika tasyahud.
  • Meminta wasilah Nabi Muhammad SAW kepada Allah SWT, yang juga tercantum dalam lafadz adzan yang dikumandangkan.

Dalil mengenai perkara ini adalah sebuah hadist Nabi Muhammad SAW yang diriwayatkan oleh Abdullah bin Amr, yaitu:

قُلْ كَمَا يَقُولُونَ فَإِذَا انْتَهَيْتَ فَسَلْ تُعْطَهْ

“Ucapkanlah sebagaimana disebutkan oleh muadzin. Lalu jika sudah selesai kumandang azan, berdoalah, maka akan diijabahi (dikabulkan).” (HR. Abu Daud no. 524 dan Ahmad 2: 172. Al Hafizh Abu Thohir mengatakan bahwa hadits ini hasan).

Selain itu, perlu diketahui bahwa selain membaca doa setelah adzan sebagaimana yang sudah di cantumkan di awal, maka anda juga bisa membaca doa yang lain. Ya, doa lain yang bisa dibaca adalah doa yang menjadi hajat dari diri anda sendiri. Dalam hal ini, waktu diantara adzan dan iqomah merupalan salah satu waktu mustajab yang sangat baik untuk memanjatkan doa.

Demikian pembahasan mengenai doa setelah adzan yang termasuk didalamnya tulisan latin, arti doa tersebut serta sumber hadits dari Rasulullah SAW yang memerintahkan untuk membaca doa sesudah adzan. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *