Lafadz Adzan dalam Bahasa Arab, Tulisan Latin, Arti dan Keutamaannya

Diposting pada

Shahih – Perlu diketahui bahwa adzan merupakan salah satu amalan yang utama dalam agama Islam. Tentu kita sudah paham bahwa adzan merupakan panggilan kepada umat Muslim untuk menjalankan ibadah sholat wajib 5 kali setiap hari. Tentu, penting bagi kita untuk mengetahui lafadz adzan sebab keutamaannya.

Dapat dilihat pula bahwa fungsi adzan adalah sebagai pengingat. Dengan adanya adzan, maka seseorang yang lupa akan waktu sholat karena kesibukannya dapat teringat kembali dan tidak lupa akan kewajibannya.

Lafadz Adzan dalam Bahasa Arab, Tulisan Latin, Arti dan Keutamaannya

Utamanya adzan dalam agama Islam sesuai dengan sabda Rasulullah SAW yakni,

“Imam sebagai penjamin dan muadzin (orang yang adzan) sebagai yang diberi amanah, maka Allah memberi petunjuk kepada para imam dan memberi ampunan untuk para muadzin”.

Pengertian Adzan

Sebelum membahas tentang bagaimana lafadz adzan, ada baiknya kita mencoba memahami tentang seluk beluk mengenai adzan. Hal pertama yang wajib diketahui adalah pengertian adzan. Adzan adalah pemberitahuan atau seruan. Dalam hal ini, Allah berfirman dalam surat At Taubah ayat 3:

“Pemberitahuan atau seruan ini berfungsi untuk pengingat akan sholat wajib bagi umat Muslim.”

Lantas, bagaimana dengan hukum adzan? Menarik memang untuk menyimak hukum adzan tersebut. Ada perbedaan pendapat dari ulama mengenai hal ini. Namun, pendapat yang paling banyak dan kuat adalah hukum adzan adalah fardlu kifayah. Hukum ini hanya berlaku untuk laki-laki saja.

Syarat Mengumandangkan Adzan

Seiring dengan pentingnya posisi adzan dalam agama Islam, maka Islam juga mengatur beberapa ketentuan atau syarat untuk mengumandangkan adzan. Dalam hal ini, adzan hanya boleh dikumandangkan ketika sudah memasuki waktu untuk menunaikan ibadah sholat. Namun, ada pengecualian pada adzan subuh yang boleh dikumandangkan dua kali, sebagaimana biasanya disebut sebagai adzan pertama dan adzan ketika fajar shadiq.

Selain itu, syarat lain untuk mengumandangkan adzan adalah niat. Niat dalam hal ini penting karena akan mempengaruhi ibadah dari muadzin. Dalam hal ini, niat tempatnya adalah di dalam hati.

Syarat lain yang sangat penting adalah adzan diucapkan dalam bahasa Arab. Ini adalah hal mutlak yang harus senantiasa diperhatikan. Baik adzan maupun lafadz iqomah, tentu saja keduanya harus diucapkan dengan bahasa Arab.

Lafadz Adzan yang Benar

Mengenai lafadz adzan, kita akan membahasnya di bawah ini. Mengenai lafadz untuk adzan, lafadz yang dibaca adalah

(2x) اَللهُ اَكْبَر، اَللهُ اَكْبَر

(2x) أَشْهَدُ اَنْ لاَ اِلَهَ إِلاَّاللهُ

(2x) اَشْهَدُ اَنَّ مُحَمَّدًا رَسُوْلُ اللهِ

(2x) حَيَّ عَلَى الصَّلاَةِ

(2x) حَيَّ عَلَى الْفَلاَحِ

(1x) اَللهُ اَكْبَر , اَللهُ اَكْبَر

(1x) لاَ إِلَهَ إِلاَّالله

Lafadz Adzan dengan Tulisan Latin dan Artinya

Allaahu Akbar Allaahu Akbar. (2X)

Allah Maha Besar, Allah Maha Besar.

Asyhadu an laa illaaha illallaah. (2X)

Aku menyaksikan bahwa tiada Tuhan selain Allah.

Asyhadu anna Muhammadar rasuulullah. (2X)

Aku menyaksikan bahwa nabi Muhammad itu adalah utusan Allah.

Hayya ‘alas-shalaah (2X)

Marilah kita sholat.

Hayya ‘alal-falaah. (2X)

Marilah kita menuju kepada kemenangan.

Allaahu Akbar, Allaahu Akbar (1x)

Allah Maha Besar, Allah Maha Besar.

Laa ilaaha illallaah (1x)

Tiada Tuhan selain Allah.

Dalam hal ini, ada sedikit perbedaan mengenai lafadz adzan subuh yang harus dibaca. Perbedaan yang mencolok adalah bahwa pada adzan subuh terdapat tambahan satu kalimat, yakni,

اَلصَّلاَةُ خَيْرٌ مِنَ النَّوْمِ

Ash-shalaatu khairum minan-nauum

yang artinya “Sholat itu lebih baik dari pada tidur” dan dibaca 2x setelah lafadz Hayya ‘alal-falaah ( حَيَّ عَلَى الْفَلاَحِ ).

Dari penjelasan tersebut, kita bisa melihat secara jelas lafadz adzan dan artinya. Ya, dari arti lafadz adzan tersebut, kita juga bisa membaca bahwa adzan berisi tentang pujian kepada Allah SWT dan ajakan kepada umat Muslim pada kebaikan.

Ada beberapa keutamaan dari adzan yang juga perlu diketahui. Diantara keutamaan dari adzan adalah setan akan kabur ketika mendengar adzan, dia yang mendengar adzan akan menjadi saksi bagi muadzin di akhirat, dan lainnya.

Demikian beberapa pembahasan mengenai lafadz adzan. Mulai dari pengertian, syarat, lafadz yang benar, tulisan latin serta arti dari lafadz adzan tersebut. Diatas juga sudah dijelaskan mengenai tambahan lafadz pada adzan subuh yang salah satu manfaatnya adalah mengingatkan kepada kaum muslim akan keutamaan sholat subuh itu sendiri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *