Lafadz Doa Masuk dan Keluar Kamar Mandi (WC) Serta Keutamaannya!

Diposting pada

Shahih – Masuk kedalam toilet atau kamar mandi menurut agama Islam hendaknya berdoa. Hal tersebut bertujuan agar kita selalu diberi keselamatan oleh Allah SWT serta dihindarkan dari hal hal buruk yang seharusnya tidak terjadi. Oleh sebab itu, setiap umat muslim tanpa pandang usia harus membaca doa masuk dan keluar kamar mandi. Bila kita telah berdoa maka ketika masuk kamar mandi gangguan setan akan menghilang. Scroll kebawah untuk penjelasan lebih lengkapnya.

Lafadz Doa Masuk dan Keluar Kamar Mandi (WC) Serta Keutamaannya!

Adab serta Doa Masuk dan Keluar Kamar Mandi (WC)

اَللهُمَّ اِنّىْ اَعُوْذُبِكَ مِنَ الْخُبُثِ وَالْخَبَآئِثِ

ALLAHUMMA INNII A’UUDZUBIKA MINAL KHUBUTSI WAL KHABAAITS.

Artinya:

“Ya Allah sesungguhnya aku berlindung kepadaMu dari setan laki-laki dan setan perempuan”. (HR. Bukhari dan Muslim)

Setelah membaca doa masuk kamar mandi, selanjutnya memasuki kamar mandi dengan kaki kiri terlebih dahulu. Setelah itu, melepaskan pakaian dari bagian kaki dan tangan dengan kanan terlebih dahulu dan memakaianya dengan kiri terlebih dahulu. Tata cara memakai pakaian ini berbeda bila dilakukan di kamar mandi.

Selanjutnya tidak diperkenankan memegang alat kelamin dengan tangan kanan, misalnya ingin cebok atau mencuci alat kelamin hendaklah menggunakan tangan kiri. Selain itu, apabila ingin buang air besar atau kecil hendaknya tidak menghadap kearah kiblat maupun membelakanginya. Oleh sebab itu, peletakan kloset kamar mandi dilarang menghadap atau membelakangi kiblat.

Bila kita telah berdoa masuk dan keluar kamar mandi dan mengutamakan kaki kiri, Allah akan memberikan perlindungan kita termasuk terlihatnya aurat dari setan. Berbeda dengan masuknya, bila hendak keluar dari kamar kecil hendaknya mengutamakan kaki kanan terlebih dahulu seraya berdoa keluar kamar mandi sebagai berikut :

غُفْرَانَكَ الْحَمْدُ ِللهِ الَّذِىْ اَذْهَبَ عَنّى اْلاَذَى وَعَافَانِىْ

GHUFRAANAKAL HAMDU LILLAAHIL LADZII ADZHABA ‘ANNIL ADZAA WA ‘AAFAANII.

Artinya:

“Dengan mengharap ampunanMu, segala puji milik Allah yang telah menghilangkan kotoran dari badanku dan yang telah menyejahterakan”.

Bisa juga membaca doa keluar kamar mandi yang terdapat pada Hadits Shahih dalam kitab Abu Dawud dan Imam At-Tirmidzi, bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam mengucapkan,

غُفْرَانَكَ

GHUFRAANAKA.

Artinya:

“Ya Allah, aku memohon pengampunan-MU”. (tanpa ada tambahan lafadz lain, dan ini yang dianjurkan untuk diamalkan).

Keutamaan Membaca Doa Masuk dan Keluar Kamar Mandi

Ketika Masuk Kamar Mandi

Seperti arti dari doa-nya tersebut itulah manfaat utama membaca doa masuk kamar mandi. Jin dan setan sangat menyukai tempat yang kotor termasuk kamar mandi atau WC, meskipun kamar mandi anda terlihat sangat bagus, mewah serta bersih akan tetapi kegiatan membuang kotoran tetap berada di kamar mandi. Ketika kita mandi atau ingin buang air, maka kita dalam keadaan telanjang. Dengan berdoa masuk kamar mandi maka aurat kita tidak akan terlihat oleh setan maupun jin. Jangan anggap enteng masalah ini ya, terkadang jin atau setan akan melotot melihat aurat kita, dia juga bisa melakukan hal hal buruk lainnya.

Terlebih lagi wanita haruslah berhati-hati, jin atau setan dapat melakukan hal tidak senonoh pada wanita. Apakah mau tubuhmu diperlakukan seperti ini dengan jin atau setan? Ajal yang menjemput memang tidak mengenal waktu serta tempat, bila ajal kita terjadi di kamar mandi dan kita telah berdoa sebelumnya maka insyaallah kita telah meninggal dalam keadaan khusnul khotimah.

Ketika Keluar Kamar Mandi

Saat berada didalam kamar mandi, kita akan membuang hajat serta membersihkan diri dan berbagai kegiatan membuang kotoran didalam tubuh kita. Maka setelah melakukan kegiatan tersebut hendaklah mengucapkan terima kasih kepada Allah SWT dengan membaca doa keluar kamar mandi, karena telah memberikan kesehatan dan menghilangkan kotoran maupun penyakit dari dalam tubuh kita. Dan Allah senantiasa menambah nikmat bagi umatnya yang mau bersyukur.

Mengetahui faedah yang diberikan apakah mulai saat ini kamu tetap tidak akan membaca doa lagi ketika masuk dan keluar dari kamar mandi? Jadi mulai saat ini hafalkan doanya dan selalu ingat doa masuk dan keluar kamar mandi. Sehingga kita akan mendapatkan faedah dan manfaatnya. Meskipun kita tidak membuang hajat dianjurkan untuk tetap berdoa ya. Semoga bermanfaat dan menambah khasanah pengetahuan kalian semua dalam agama, terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *