Bacaan Sholawat Nabi Yang Benar Sesuai Anjuran Rosululloh

Diposting pada

Shahih – Sebagai umat islam kita wajib bersyukur atas hidayah islam yang diberikan oleh Allah kepada kita. Kita juga harus senantiasa menjunjung tinggi utusan , nabi Muhammad yang telah membawa panji islam hingga sampai saat ini kita masih merasakan kejayaannya. Allah telah memerintahkan kepada semua hamba Nya untuk selalu mengucapkan sholawat nabi. Bacaan sholawat nabi pun terdiri dari bermacam – macam, namun semuanya mengandung makna yang sama yaitu pujian atau sholawat nabi Muhammad beserta keluarganya.

Pengertian Sholawat Nabi

Sholawat Nabi

Teks sholawat nabi yang terdiri dari beberapa macam bacaan, saat ini telah dengan sangat mudah kita dapatkan, salah satunya di buku kumpulan sholawat nabi yang terjual di berbagai toko buku islam atau juga dapat dicari dengan mesin pencari di mesin pencari di internet. Namun dalam memilih buku atau sumber bacaan sholawat di internet, sebaiknya harus teliti. Jangan sampai kita membeli buku atau memilih sumber dari internet yang di dalamnya banyak terdapat bid’ah ataupun mengandung unsur kesyirikan.

Salah satu dari sholawat nabi yang sering kita dengar adalah sholawat ya nabi salam alaika. Sholawat ini sering sekali dipakai sebagai syair Al Barjanji atau banyak orang yang menyebutnya dengan syair dhiba’an. Adapun arti dari sholawat nabi tersebut merupakan salam penghormatan, sebuah doa dan pujian yang ditujukan kepada nabi umat manusia. Arti sholawat ya nabi salam alaika itu sendiri adalah wahai nabi, salam sejahtera semoga selalu tercurah bagimu.

Jadi pengertian sholawat nabi adalah pujian beserta doa, penghormatan, kemulyaan dan kesejahteraan untuk para nabi. Sesuai dengan perintah Allah dalam al Qur’an surat Al – Ahzab ayat 43, maka kita dianjurkan bersholawat untuk nabi sebagai salam penghormatan. Ada pun arti ayat tersebut adalah :

“Dialah yang bershalawat kepadamu dan malaikat-Nya (memohonkan ampunan untukmu), supaya Dia mengeluarkan kamu dari kegelapan kepada cahaya (yang terang). Dan adalah Dia Maha Penyayang kepada orang-orang yang beriman.”

Keutamaan Sholawat Nabi

Sholawat nabi yang sering kita lafalkan atau pun kita baca ternyata memiliki banyak keutamaan. Salah satu keutamaan sholawat nabi untuk para hamba Alloh adalah; ketika hamba Alloh tersebut sering melafalkan sholawat nabi dan menjadi amalan kesehariannya maka beban hidup akan terasa berkurang sehingga hidup menjadi tentram dan hati pun akan selalu tenang dan mudah untuk menerima petunjuk kebaikan.

Baca juga: Bacaan Doa Ziarah Kubur

Bacaan Sholawat Nabi yang Dianjurkan Rosululloh Kepada Umat Islam

Begitu besar manfaat yang akan kita peroleh ketika kita mengamalkan bacaan sholawat nabi. Oleh karena itu kita sebagai umat muslim wajib tahu tentang macam – macam sholawat nabi. Nabi Muhammad adalah tauladan dalam segala hal. Untuk itu dalam mengamalkan bacaan sholawat nabi sebaiknya kita bersholawat seperti yang telah baginda Rosululloh ajarkan kepada kita umat islam.

Bacaan sholawat nabi yang diajarkan oleh nabi akhir zaman ini adalah sholawat yang selalu kita baca pada saat kita sholat, yaitu ketika membaca doa tasyahud akhir. Jadi ketika kita sholat lima waktu maka itu berarti kita juga telah bersholawat kepada nabi. Berikut adalah tulisan arab sholawat nabi beserta teks tulisan sholawat nabi yang telah Rosululloh ajarkan kepada kita :

اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ ، وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ ، كَمَا صَلَّيْتَ عَلَى آلِ إِبْرَاهِيمَ ، إِنَّكَ حَمِيدٌ مَجِيدٌ ، اللَّهُمَّ بَارِكْ عَلَى مُحَمَّدٍ ، وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ ، كَمَا بَارَكْتَ عَلَى آلِ إِبْرَاهِيمَ ، إِنَّكَ حَمِيدٌ مَجِيدٌ

Bacaan Shalawat Nabi Muhammad SAW dalam Bahasa Indonesia

Allahumma salli’ala muhammadin wa’ala ali muhammadin kamasollaita’ala ibrahim.

Wabarik’ala muhammadin wa’ala alimuhammadin kamabarakta’ala ibrahima fil’alamin.

Innaka hamidunmajid

Terjemahan Shalawat Nabi Muhammad SAW

Artinya: “Ya Allah, wahai Tuhanku muliakan oleh-Mu akan Muhammad dan akan keluarganya sebagaimana Engkau memuliakan keluarga Ibrahim. Dan berilah berkat olehmu kepada Muhammad dan keluarganya sebagaimana Engkau telah memberkati keluarga Ibrahim. Bahwasanya Engkau sangat terpuji lagi sangat mulia diserati alam.” (HR.Muslim)

Manfaat Mengamalkan Sholawat Nabi Dalam Kehidupan Sehari – hari

Ketika seorang muslim telah memantapkan keyakinannya, menjalankan perintah ajaran agama islam, menjauhi laranganNya serta bibir dan hati telah terbiasa mengucap dan mengamalkan bacaan sholawat nabi, maka manfaat sholawat nabi tersebut akan dirasakan dalam kehidupan sehari – hari.

Apabila seorang muslim telah dapat melafalkan bacaan sholawat nabi yang benar, kemudian memahami sholawat nabi dan artinya tersebut serta dapat mengamalkan di kehidupan nyata maka orang muslim tersebut akan mendapat ketenangan hati dalam hidupnya, mudah menerima nasehat yang baik, mendapat pahala dan ketika di akherat nanti, ia akan mendapat syafaat atau pertolongan dari Rosululloh.

Begitu banyak manfaat dan khasiat sholawat nabi baik ketika seorang muslim masih hidup di dunia atau ketika ia telah meninggal dan ketika dibangkitkan dari kubur menuju alam akherat. Namun terkadang kita melupakannya. Oleh karena itu, mulai sekarang mari bersama membiasakan diri melafalkan dan mengamalkan bacaan sholawat nabi yang sesuai dengan ajaran nabi Muhammad dengan cara sholat lima waktu dengan tertib ditambah dengan memperbanyak amalan sholat sunah yang juga telah dianjurkan oleh baginda Rosul.