Doa Masuk dan Keluar Rumah

Diposting pada

Shahih – Mengamalkan doa masuk dan keluar rumah setiap hari tentu merupakan salah satu keutamaan ibadah sunnah yang sebaiknya dijaga sehingga kamu akan senantiasa terlindungi dari mara bahaya. Dengan kita berdoa, maka malaikat akan senantiasa melindungi kita setiap waktu.

Doa yang dibaca pun sebenarnya cukup mudah dan sangat dianjurkan untuk dibiasakan setiap hari. Selain mendapatkan perlindungan dari Allah SWT, mengamalkan doa keluar rumah setiap hari tentu saja merupakan usaha bagi kita untuk senantiasa mengingat Allah SWT setiap hari.

Doa Masuk dan Keluar Rumah

Doa Masuk dan Keluar Rumah

Ada beberapa doa yang bisa kamu amalkan setiap kali hendak masuk ataupun hendak keluar dari rumah. Dalam hal ini, kita akan membahasnya secara lengkap.

Doa Keluar Rumah

Sebagaimana yang sudah dibahas di awal bahwa doa untuk keluar rumah sebenarnya merupakan doa yang cukup mudah untuk dihafalkan dan juga dapat menjadi perisai agar memberikan kita kenyamanan dan keselamatan. Lantas, bagaimana doa yang dimaksud untuk diamalkan? Salah satu doa yang jamak diketahui oleh masyarakat adalah sebagai berikut,

بِسْمِ اللهِ تَوَكَّلْتُ عَلَى اللهِ، لَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إِلَّا بِاللهِ

Tulisan latinnya:

BISMILLAHI TAWAKKALTU ‘ALALLAHI LAA HAULA WA LAA QUWWATA ILLAA BILLAH.

Artinya:

“Dengan nama Allah (aku keluar). Aku bertawakkal kepadaNya, dan tiada daya dan upaya kecuali karena pertolongan Allah”. (HR. Abu Dawud 5059, Tirmidzi 3426, Ibnu Majah 822. Dishahihkan Albani)

Menurut sabda Nabi SAW, ada beberapa keutamaan yang akan diterima oleh seseorang ketika ia mengamalkan doa ini ketika hendak berpergian. Beberapa keutamaan yang akan diperoleh adalah ia akan diberi petunjuk oleh Allah SWT, dicukupi kebutuhannya dan juga dilindungi dari adanya kemungkinan bahaya yang hendak mengancam.

Ada keterangan lain yang menyatakan bahwa setan pun menjauhi dirinya. Dalam hal lain disebutkan bahwa setan juga mengadu pada temannya, dengan mengucapkan,

”Apabila seseorang keluar dari rumahnya kemudian dia membaca (bismillahi tawakkaltu..), maka disampaikan kepadanya: ‘Kamu diberi petunjuk, kamu dicukupi kebutuhannya, dan kamu dilindungi’.”

Sedangkan doa lain yang bisa diamalkan selain doa di atas adalah,

اللَّهُمَّ إِنِّى أَعُوذُ بِكَ أَنْ أَضِلَّ أَوْ أُضَلَّ أَوْ أَزِلَّ أَوْ أُزَلَّ أَوْ أَظْلِمَ أَوْ أُظْلَمَ أَوْ أَجْهَلَ أَوْ يُجْهَلَ عَلَىَّ

Tulisan latinnya:

ALLAHUMMA INNII A’UWDZUBIKA AN ADHILLA AW UDHALLA AW AZILLA AW UZALLA AL ADHLLIMA AW UDHLLAMA AW AJHALA AW YUJHALA ‘ALAYYA.

Artinya:

“Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepadaMu, jangan sampai aku sesat atau disesatkan (setan atau orang yang berwatak setan), berbuat kesalahan atau disalahi, menganiaya atau dianiaya (orang), dan berbuat bodoh atau dibodohi”. (HR. Abu Dawud 5094. Dishahihkan Albani)

Doa ini juga merupakan salah satu doa yang sesuai dengan sunnah yang tentu saja kamu akan mendapatkan banyak keutamaan darinya ketika diamalkan.

Doa Masuk Rumah

Lalu, bagaimana dengan doa masuk rumah? Tentu, dalam pembahasan doa masuk dan keluar rumah, kita harus tahu doa yang tepat untuk dibaca ketika hendak memasuki rumah sehabis berpergian. Adab ini merupakan salah satu adab yang diajarkan oleh Nabi SAW untuk para umatnya.

Doa untuk memasuki rumah diajarkan oleh Nabi SAW sebagai berikut,

بِسْمِ اللهِ وَلَجْنَا، وَبِسْمِ اللهِ خَرَجْنَا، وَعَلَى رَبِّنَا تَوَكَّلْنَا

Tulisan latinnya:

BISMILLAHI WALAJNAA WABISMILLAHI KHOROJNAA WA ‘ALA RABBINAA TAWAKKALNAA.

Artinya:

“Dengan nama Allah kami masuk (ke rumah), dengan nama Allah kami keluar (darinya), dan kepada Tuhan kami, kami bertawakkal.” (HR. Abu Dawud 5096)

Selain itu, perlu diketahui bahwa doa ini juga bisa diamalkan sebagai pilihan dalam doa masuk dan menempati rumah baru. Dengan membiasakan diri untuk berdoa ketika hendak memasuki rumah, maka rahmat Allah SWT akan senantiasa menaungi kamu.

Amalan doa ini juga bisa dipilih sebagai doa pindah rumah. Namun, selain membaca doa tersebut di atas, ada beberapa adab yang sebaiknya kamu lakukan. Saat hendak memasuki rumah kamu, baik rumah lama maupun yang baru, maka sebaiknya kamu senantiasa membaca salam. Hal ini seperti yang terdapat pada surat An-Nur ayat 61,

“…Maka apabila kamu memasuki salah satu rumah (ini) hendaklah kamu memberi salam kepada dirimu sendiri, salam yang ditetapkan dari sisi Allah, yang diberi berkat lagi baik.” (QS An Nur: 61)

Nah, demikian pembahasan mengenai doa masuk dan keluar rumah beserta lafadz arab, tulisan latin dan artinya. Amalkan doa ini dan jadikan sebagai suatu kebiasaan agar kita senantiasa memperoleh lindungan dan keberkahan dari Allah SWT.