Doa Naik Kendaraan

Diposting pada

Shahih – Sekarang ini zaman sudah berkembang sangat pesat dimana seseorang mampu membuat berbagai macam dan ragam kendaraan. Hal ini merupakan salah satu nikmat Allah yang diberikan kepada manusia berupa ilmu pengetahuan karena jika dibandingkan dengan jaman dahulu maka manusia berkendara hanya dengan hewan-hewan seperti kuda, keledai, onta, dan lain sebagainya. Oleh karena itu, sebagai wujud terimakasih kita juga kita dianjurkan untuk selalu membaca doa naik kendaraan ketika hendak berpergian.

Doa Naik Kendaraan saat Berpergian Jauh

Doa Naik Kendaraan

Jenis kendaraan saat ini juga cukup banyak dan sangat bervariasi mulai dari kendaraan darat, laut, hingga udara. Berdoa saat menaiki kendaraan merupakan sebuah cara bagaimana kita memohon perlindungan kepada Allah agar senantiasa aman saat berada di perjalanan. Jika kamu ingin menaiki kendaraan baik darat maupun laut ada do’a yang bisa kamu lafalkan.

Doa Naik Kendaraan Darat

Kebanyakan dari kita yang akan melakukan perjalanan, biasanya memilih menggunakan alat transportasi darat. Misalkan saja becak, delman, motor, mobil, bus, kereta api dan sebagainya. Berikut ini adalah doa yang bisa kamu terapkan sebelum berpergian.

سُبْحَانَ الَّذِىْ سَخَّرَلَنَا هَذَا وَمَاكُنَّالَهُ مُقْرِنِيْنَ وَاِنَّآ اِلَى رَبّنَا لَمُنْقَلِبُوْنَ

Tulisan latinnya:

SUBHAANAL-LADZII SAKKHOROLANAA HADZAA WA MAAKUNNALAHU MUQRINIINA WA INNAA ILAA RABBANAA LAMUNQOLIBUUN.

Artinya:

Maha suci Allah yang memudahkan ini (kendaraan) bagi kami dan tiada kami mempersekutukan bagi-Nya, dan sesungguhnya kami akan kembali kepada Tuhan kami.

Doa Naik Kendaraan Laut (Transportasi Air)

Bagi beberapa orang yang akan melakukan perjalanan jauh, misal antar pulau biasanya memilih transportasi air. Kendaraan laut yang sering kita gunakan diantaranya adalah perahu ataupun kapal. Kita tidak tahu hal apa yang akan terjadi saat berada di tengah perairan, untuk itu kita dituntut agar selalu memanjatkan doa sebelum berpergian. Berikut doa yang bisa kamu lafadzkan sebelum menaiki kendaraan laut.

بِسْمِ اللهِ مَجْرَهَا وَمُرْسَهَآ اِنَّ رَبّىْ لَغَفُوْرٌرَّحِيْمٌ

Tulisan latinnya:

BISMILLAHI MAJRAHAA WA MURSAHAA INNA ROBBII LAGHOFUURUR-ROHIIM.

Artinya:

Dengan nama Allah yang menjalankan kendaraan ini berlayar dan berlabuh sesungguhnya Tuhanku Maha Pemaaf lagi Pengasih.

Selain 2 bacaan doa naik kendaraan tersebut, ada juga doa yang dicontohkan oleh Rasulullah SAW sebelum berpergian. Doa ini disarankan untuk dibaca saat sebelum keluar rumah atau mengendarai kendaraan. Dengan membaca doa ini, kita memohon perlindungan berupa keselamatan dari berbagai musibah yang mungkin terjadi saat berada di perjalanan.

اَللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ جَهْدِ البَلاَءِ، وَدَرَكِ الشَّقَاءِ، وَسُوءِ القَضَاءِ، وَشَمَاتَةِ الأَعْدَاءِ

Tulisan Latinnya:

ALLAHUMMA INNII A’UUDZUBIKA MIN JAHDIL-BALAA I, WA DARAKISSYAQOO I, WASUU IL-QODHOO I, WA SYAMAATATIL-A’DAA I.

Artinya:

Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari musibah yang tidak kuat aku tanggung, sebab-sebab datangnya kebinasaan, takdir yang membawa akibat buruk dan kegembiraan musuh atas penderitaanku.

Perlu kamu tahu, doa tersebut berasal dari hadist shahih yang berbunyi,

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu berkata: “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa salam berlindung (kepada Allah Ta’ala) dari musibah yang tidak kuat ditanggung, sebab-sebab datangnya kebinasaan, takdir yang membawa akibat buruk dan kegembiraan musuh.” (HR. Bukhari no. 6347 dan Muslim no. 2707)

Adab Berpergian dan Berkendara yang Baik

Sebelum melakukan perjalanan, kita harus menentukan dulu niatnya. Jangan sampai kita berpergian untuk melakukan maksiat atau hal-hal yang tidak memiliki manfaat. Misal kita memiliki niat untuk mencari rizki dengan bekerja atau berpergian menuju sanak saudara untuk keperluan silaturahmi.

Selain niat, kita juga dituntut untuk mempersiapkan segala hal sebelum melakukan perjalanan. Misal apa saja yang akan dibawa dan menggunakan transportasi apa untuk sampai ke tujuan. Apabila memilih untuk menggunakan transportasi umum, pastikan kita sudah memesan tiket dan sesuaikan jam dengan jadwal keberangkatan.

Baca juga: Doa Sebelum dan Sesudah Makan

Jika memilih untuk menggunakan transportasi pribadi, maka kita harus melakukan pengecekan terhadap kendaraan sebelum digunakan. Memeriksa mesin sebelum berangkat dan mengecek bahan bakar serta onderdil-onderdilnya merupakan hal penting yang wajib diperhatikan sebelum berkendara.

Itulah 3 doa naik kendaraan baik menggunakan transportasi darat, laut maupun udara. Dengan membaca doa, selain untuk memohon keselamatan juga perjalanan akan dinilai suatu ibadah karena telah mengingat Allah SWT. Asalkan dalam berpergian tersebut bukan bertujuan untuk bermaksiat, melainkan untuk urusan bisnis atau silaturahmi.