Doa Sholat Tahajud Yang Dibaca Rasulullah S.A.W

Diposting pada

Shahih – Membaca dan memahami doa sholat tahajud dengan baik tentu saja merupakan hal yang sangat penting untuk kita aplikasikan dalam melaksanakan ibadah solat tahajud. Hal tersebut dimaksudkan karena alangkah baiknya apabila setelah sholat tahajud kita membaca doa sebagaimana yang biasa dibaca oleh Rosulullah SAW seusai melaksanakan sholat tahajud. Dengan doa yang benar yang biasa di baca oleh Rosulullah SAW, maka kualitas sholat kita akan semakin sempurna.

Perlu diketahui bahwa sholat tahajud merupakan salah satu sholat sunnah yang sangat disarankan untuk dilakukan. Hal ini tertuang dalam satu riwayat yang menyatakan bahwa Nabi SAW tidak pernah melalaikan sholat tahajud sepanjang hidupnya.

‘Abdullah bin Qais mengatakan, bahwa ‘Aisyah Radhiyallahun anhuma berkata: “Janganlah kalian meninggalkan sholat malam/sholat tahajud karena Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam tidak pernah meninggalkannya. Jika beliau sakit atau malas, beliau shalat dalam keadaan duduk.”

(HR. Abu Dawud dalam kitab ash-Shalaah, bab Qiyaamil Lail, (hadits no. 1307), Ahmad dalam Musnadnya, (hadits no. 25583), al-Hakim dalam al-Mustadraknya, (I/452). Al-Hakim berkata, “Hadits ini shahih sesuai dengan kriteria yang ditetapkan Muslim.” Penilaian al-Hakim disetujui oleh adz-Dzahabi.)

Tentu saja, dari riwayat tersebut kita tentu bisa mengetahui bahwa sholat tahajud memiliki banyak keutamaan yang terkandung di dalamnya. Pada kesempatan ini, kita akan membahas keutamaan dari sholat tahajud beserta doa setelah sholat tahajud yang bisa anda amalkan setiap hari. Semoga bemanfaat bagi kita semua.

Keutamaan Sholat Tahajud di malam hari

Sebelum membahas tentang doa sesudah sholat tahajud, perlu kiranya kita membahas tentang beberapa keutamaan dari sholat sunnah tahajud. Dengan mengetahui beberapa keutamaannya, tentu saja kita akan semakin menyadari pentingnya menjalankan sholat tahajud dikala orang lain terlelap.

Ada beberapa keutamaan sholat tahajud yang bisa diketahui.

Keutamaan sholat tahajud yang pertama adalah sholat sunnah ini merupakan salah satu sifat orang yang bertakwa dan calon penghuni surga. Hal ini termaktub dalam firman Allah

إِنَّ الْمُتَّقِينَ فِي جَنَّاتٍ وَعُيُونٍ (15) آَخِذِينَ مَا آَتَاهُمْ رَبُّهُمْ إِنَّهُمْ كَانُوا قَبْلَ ذَلِكَ مُحْسِنِينَ (16) كَانُوا قَلِيلًا مِنَ اللَّيْلِ مَا يَهْجَعُونَ (17) وَبِالْأَسْحَارِ هُمْ يَسْتَغْفِرُونَ (18)

artinya: “Sesungguhnya orang-orang yang bertaqwa itu berada dalam taman-taman (syurga) dan mata air-mata air, sambil menerima segala pemberian Rabb mereka. Sesungguhnya mereka sebelum itu di dunia adalah orang-orang yang berbuat kebaikan. Di dunia mereka sedikit sekali tidur di waktu malam. Dan selalu memohonkan ampunan diwaktu pagi sebelum fajar.” (QS. Adz Dzariyat: 15-18)

Keutamaan lain dari sholat tahajud adalah orang yang biasa melakukan sholat tahajud tidak sama dan memiliki sisi kemuliaan yang lebih daripada yang tidak melakukannya. Hal ini berdarasarkan firman allah dalam surat Az-Zumar ayat 9:

أَمَّنْ هُوَ قَانِتٌ آنَاءَ اللَّيْلِ سَاجِدًا وَقَائِمًا يَحْذَرُ الْآخِرَةَ وَيَرْجُو رَحْمَةَ رَبِّهِ ۗ قُلْ هَلْ يَسْتَوِي الَّذِينَ يَعْلَمُونَ وَالَّذِينَ لَا يَعْلَمُونَ ۗ إِنَّمَا يَتَذَكَّرُ أُولُو الْأَلْبَابِ

(Apakah kamu hai orang musyrik yang lebih beruntung) ataukah orang yang beribadah di waktu-waktu malam dengan sujud dan berdiri, sedang ia takut kepada (azab) akhirat dan mengharapkan rahmat Tuhannya? Katakanlah: “Adakah sama orang-orang yang mengetahui dengan orang-orang yang tidak mengetahui?” Sesungguhnya orang yang berakallah yang dapat menerima pelajaran.(Surat Az-Zumar Ayat 9)

Sholat tahajud juga merupakan sholat sunnah paling utama. Pendapat ini dikuatkan dengan riwayat di atas yang menyatakan bahwa Nabi SAW tidak pernah meninggalkan sholat sunnah ini sepanjang hidup beliau.

Doa Setelah Sholat Tahajud Yang Dibaca Rasulullah S.A.W

doa sholat tahajud

Sebenarnya, banyak pilihan doa sholat tahajud dan artinya yang bisa diamalkan setiap hari. Secara umum, kita boleh mengamalkan doa sholat tahajud seperti apa yang menjadi keinginan kita. Dalam hal ini, sebenarnya doa tidak dibatasi.

Namun, tentu saja, doa sholat tahajud haruslah berisi tentang hajat dan kebaikan. Dalam hal ini, salah satu doa sholat tahajud lengkap yang dibaca Rasulullah SAW yang mana maknanya berisi pujuan, pengakuan dosa, dan permohonan adalah sebagai berikut,

Doa Sholat Tahajud Dalam Tulisan Arab

اَللهُمَّ رَبَّنَا لَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ قَيِّمُ السَّمَوَاتِ وَاْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ# وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ مَلِكُ السَّمَوَاتِ واْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ# وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ نُوْرُ السَّمَوَاتِ وَاْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ# وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ الْحَقُّ وَوَعْدُكَ الْحَقُّ وَلِقَاءُكَ حَقٌّ وَقَوْلُكَ حَقٌّ وَالْجَنَّةُ حَقٌّ وَالنَّارُ حَقٌّ وَالنَّبِيُّوْنَ حَقٌّ وَمُحَمَّدٌ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ حَقٌّ وَالسَّاعَةُ حَقٌّ# اَللهُمَّ لَكَ اَسْلَمْتُ وَبِكَ اَمَنْتُ وَعَلَيْكَ تَوَكَّلْتُ وَاِلَيْكَ اَنَبْتُ وَبِكَ خَاصَمْتُ وَاِلَيْكَ حَاكَمْتُ فَاغْفِرْلِيْ مَاقَدَّمْتُ وَمَا اَخَّرْتُ وَمَا اَسْرَرْتُ وَمَا اَعْلَنْتُ وَمَا اَنْتَ اَعْلَمُ بِهِ مِنِّيْ# اَنْتَ الْمُقَدِّمُ وَاَنْتَ الْمُؤَخِّرُ لاَاِلَهَ اِلاَّ اَنْتَ# وَلاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ اِلاَّ بِاللهِ 

Doa Sholat Tahajud Dalam Tulisan Latin

“Allahumma rabbana lakalhamdu anta qayyiumus samaawati wal ardhi wa man fiihinna# Walakal hamdu anta malikus samaawati wal ardhi wa man fiihinna# Walakal hamdu Anta nuurus samawaati wal ardhi waman fiihinna# Walakal hamdu antalhaqqu wa wa’dukal haqqu wa liqoouka haqqun wa qouluka haqqun waljannatu haqqun wannaaru haqqun wannabiyyuuna haqqun wa Muhammadun Shollallohu ‘alaihi wasallama haqqun wassaa’atu haqqun# Allahumma laka aslamtu wabika aamantu wa alaika tawakkaltu wa ilaika anabtu wa bika khooshomtu wa ilaika haakamtu faghfirlii maa qadamtu wa maa akhortu wa maa asrartu wa maa a’lantu wa maa anta a’lamu bihi minnii# Antal muqoddimu wa antal muakhiru Laa Ilaa Illa Anta# Wa laa haula wa laa quwwata illa billaahi.”

Arti Doa Sholat Tahajud

“Ya Allah, Tuhan kami, segala puji bagi-Mu, Engkau penegak langit, bumi, dan makhluk di dalamnya. Segala puji bagi-Mu, Engkau penguasa langit, bumi, dan makhluk di dalamnya. Segala puji bagi-Mu, Engkau cahaya langit, bumi, dan makhluk di dalamnya. Segala puji bagi-Mu, Engkau Maha Benar. Janji-Mu benar. Pertemuan dengan-Mu kelak itu benar. Firman-Mu benar adanya. Surga itu nyata. Neraka pun demikian. Para nabi itu benar. Demikian pula Nabi Muhammad SAW itu benar. Hari Kiamat itu benar.

Ya Tuhanku, hanya kepada-Mu aku berserah. Hanya kepada-Mu juga aku beriman. Kepada-Mu aku pasrah. Hanya kepada-Mu aku kembali. Karena-Mu aku rela bertikai. Hanya pada-Mu dasar putusanku. Karenanya ampuni dosaku yang telah lalu dan yang terkemudian, dosa yang kusembunyikan dan yang kunyatakan, dan dosa lain yang lebih Kau ketahui ketimbang aku. Engkau Yang Maha Terdahulu dan Engkau Yang Maha Terkemudian. Tiada Tuhan selain Engkau. Tiada daya upaya dan kekuatan selain pertolongan Allah.”

Selain itu, anda juga bisa menambahkan dzikir dan doa sesudah sholat tahajud, sebagaimana dzikir yang anda baca setelah sholat wajib.

Baca Juga : Doa Setelah Sholat Fardhu

Doa yang dibaca tersebut dapat menjadi perantara bagi anda untuk menjadi hamba yang lebih mulia di sisi Allah SWT. Demikian beberapa penjelasan mengenai doa sholat tahajud latin, arab dan terjemahan. Semoga kita menjadi hamba Allah dan umat Rosulullah SAW yang sholeh/sholehah dan dimuliakan. Aamiin.