Kisah Nabi Muhammad Peristiwa Penting Kehidupan Rasulullah

Diposting pada

Shahih – Islam merupakan sebuah agama yang sempurna. Hal ini disebabkan karena agama yang satu ini di turunkan kepada Nabi Muhammad Sallallahu Alaihi Wasallam, dimana beliau adalah nabi dan rasul akhir zaman. Selain itu, Nabi Muhammad Sallallahu Alaihi Wasallam juga termasuk seorang laki – laki pilihan yang menyempurnakan ajaran tauhid yang dibawa oleh nabi dan rasul sebelum beliau. Dikalangan umat islam seluruh dunia, Kisah Nabi Muhammad Sallallahu Alaihi Wasallam adalah suatu hal yang wajib diketahui.

Bagi kaum muslimin, Nabi Muhammad SAW (Sallallahu Alaihi Wasallam) yang juga adalah salah satu rasulullah merupakan salah satu tokoh yang tidak asing lagi dalam agama islam. Beliau dikenal sebagai seorang nabi dan rasul yang menyebarkan agama islam. Selain itu, nabi Muhammad SAW (Sallallahu Alaihi Wasallam) juga merupakan panutan bagi umat islam diseluruh dunia ini. Oleh karena hal tersebut, maka tidaklah mengherankan jika umat islam mengidolakan dan selalu bersholawat untuk rasulullah.

Kisah Nabi Muhammad SAW (Sallallahu Alaihi Wasallam)

Sejarah Singkat Kehidupan Nabi Muhammad SAW (Sallallahu Alaihi Wasallam)

Dalam ajaran agama islam yang mulia ini, mengenal sejarah nabi Muhammad SAW (Sallallahu Alaihi Wasallam) termasuk sebuah hal yang wajib bagi setiap kaum muslimin diseluruh dunia. pendapat beralasan lantaran dengan mengenal beliau, maka sebagai seorang muslimin akan mampu untuk mencintai rasulullah dan ajaran yang dibawanya. Selain itu, dengan mengetahui kisah hidup rasulullah, maka seorang muslimin bisa mencontoh sifat – sifat terpuji yang baginda nabi miliki.

Kelahiran dan Silsilah Nabi Muhammad

Nabi Muhammad Sallallahu Alaihi Wasallam lahir pada tahun gajah atau tanggal 12 Rabiul Awal. Tahun kelahiran beliau disebut dengan demikian karena bertepatan dengan adanya pasukan bergajah yang menyerang kota Mekkah. Pasukan tersebut dipimpin oleh Abrahah dengan maksud menghancurkan Kakbah. Akan tetapi niatan tersebut urung terjadi lantaran pasukan yang dipimpinnya diserang oleh burung ababil yang menghujani mereka dengan batu panas dari neraka. Tepat dengan kekalahan pasukan bergajah inilah, lahir seorang bayi laki – laki yang diberi nama Muhammad.

Dalam biografi Nabi Muhammad SAW (Sallallahu Alaihi Wasallam), beliau merupakan seorang putra dari ayah bernama Abdullah dan ibu bernama Aminah. Rasulullah lahir dalam kondisi yatim. Hal ini dikarenakan sang ayah meninggal dunia ketika beliau masih dalam kandungan ibunya kira – kira saat berusia 6 bulan. Setelah lahir, kemudian nabi Muhammad disusukan kepada seorang wanita bernama Halimah binti Sa’diyah.

Saat kelahiran nabi Muhammad ini, alam semesta terasa damai. Seakan – akan alam semesta ikut menyambut kedatangan seorang laki – laki pilihan Allah SWT (subhanahu wa ta’ala) yang mulia tersebut. Bahkan terjadi keanehan saat Halminah binti Sa’diyah menyusui bayi Muhammad ini. Dalam kehidupan sehari – hari, ia tidak merasa kekurangan suatu apapun, sehingga halimah binti Sadiyah sangat menyayangi Muhammad seperti anaknya sendiri.

Saat nabi berusia sekitar 5 tahunan, Muhammad kembali diasuh oleh ibu beliau sampai usia 6 tahun. Pada saat rasulullah berusia 6tahun ini, ibundanya Amnah meninggal dunia. Setelah itu, nabi Muhammad kemudian diasuh oleh sang kakek bernama Abdul Mutholib hingga berusia 8 tahun.

Pada waktu nabi berusia 8 tahun ini kemudian kakeknya meninggal dan baginda rasul diasuh oleh pamannya Abu Tahlib sampai dewasa. Saat remaja, nabi Muhammad ini suka menggembala domba milik penduduk Makkah. Dengan menggembala domba ini, beliau mendapatkan upah. Muhammad remaja dikenal memiliki sifat yang terpuji, sehingga banyak penduduk Arab yang menyukai pribadi beliau tersebut.

Saat berusia 25tahun, nabi Muhammad Sallallahu Alaihi Wasallam menikah dengan khadijah yang saat itu berusia 40 tahun. khadijah ini merupakan janda yang kaya raya. Wanita mulia ini jatuh cinta pada Muhammad lantaran beliau memiliki sifat yang terpuji. Hal ini ia ketahui melalui pembantunya yang diikutkan saat nabi Muhammad menjual barang dagangan Kahtijah.

Pada saat berusia 40 tahun, Muhammad sering menyepi di gua hira. Hal ini beliau lakukankan lantaran merasa prihatin dengan kondisi moral penduduk Makkah. Pada waktu menyepi di gua hira inilah, beliau didatangi malaikat jibril yang membawa wahyu. Dengan adanya peristiwa ini, maka Muhammad telah diangkat menjadi nabi dan rasul Allah SWT (subhanahu wa ta’ala).

Setelah diangkat menjadi nabi dan rasul, Muhammad SAW (Sallallahu Alaihi Wasallam) kemudian berdakwah pada penduduk Makkah. Banyak penduduk Makkah yang masuk islam lantaran ajakan beliau. Hal ini menyebabkan pemuka Quraisy murka dan menyiksa pengikut nabi Muhammad. Karena siksaan yang begitu berat ini, akhirnya nabi Muhammad memerintahkan para pengikutnya untuk hijrah ke Habsyi dan sebagian ke Madinah.

Pada saat di kota Madinah inilah, islam mengalami perkembangan yang pesat. Banyak penduduk Madinah yang memeluk islam. Melihat itu semua kaum Quraisy Mekkah semakin benci pada Nabi Muhammad Sallallahu Alaihi Wasallam beserta pengikutnya, maka karena kebencian tersebut, terjadilah beberapa peperangan besar seperti perang badar, perang Uhud, peran Khandaq, Perang tabuk dan lain sebagainya.

Pada tahun 8 hijriah, terjadi peristiwa Fathul Mekkah. Peristiwa ini merupakan sebuah kejadian penting dari kisah nabi muhammad dimana umat islam berhasil menduduki kembali kota Mekkah dan penduduk Mekkah memeluk islam. Setelah peristiwa ini terjafoi haji Wada’ yang dikenal sebagai haji terakhir Nabi Muhammad SAW (Sallallahu Alaihi Wasallam). Belia wafat pada tanggal 12 Rabiul Awal pada usia 63 tahun.

Itulah tadi sejarah Nabi Muhammad SAW (Sallallahu Alaihi Wasallam) dari lahir sampai wafat. Belia telah mengemban tugas menjadi nabi dan rasul selam kurang lebih 23 tahun. Dam kurun waktu tersebut telah banyak manusia yang mengenal ajaran agama islam.

Dari sejarah singkat Nabi Muhammad SAW (Sallallahu Alaihi Wasallam) ini, dapat diambil sebuah pelajaran. Pelajaran dari kisah nabi Muhammad ini yaitu beliau memiliki sifat – sifat yang sangat terpuji. Sifat terpuji inilah yang dapat dicontoh oleh umat islam diseluruh dunia.

Dalam berbagai kisah atau sirah Nabi Muhammad tersebut tergambar betapa agungnya Akhlak beliau. Hal ini tercermin pada waktu peristiwa fathul Mekkah. Beliau tidak membalas penduduk Mekkah yang dahulu menghina dan menyiksa para pengikut rasulullah. Nabi Muhammad memberi maaf pada semua penduduk Mekkah tersebut.

Peristiwa Penting Dalam Kehidupan Rasulullah SAW

Dalam perjalanan hidup Rasulullah ini, terdapat berbagai peristiwa yang terjadi. Dari rangkaian peristiwa tersebut terdapat beberapa yang penting. Berikut ini peristiwa yang penting dalam hidup Rasulullah SAW (Sallallahu Alaihi Wasallam).

  1. Kelahiran nabi Muhammad SAW (Sallallahu Alaihi Wasallam)

Waktu kelahiran rasulullah adalah salah satu hal yang penting. Tahun kelahiran Nabi Muhammad ini bersamaan dengan penyerangan pasukan gajah terhadap Kakbah. Akan tetapi Allah menunjukkan kuasanya dengan menghancurkan pasukan bergajah tersebut. bersamaan dengan itulah lahir seorang anak laki – laki yang kelak menjadi nabi dan rasul di akhir zaman.

  1. Peristiwa Wahyu Pertama

Pada usia 40 tahun Muhammad Sallallahu Alaihi Wasallam diangkat menjadi nabi dan rasul. Hal ini ditandai dengan turunnya wahyu pertama nabi Muhammad di gua hira. Wahyu tersebut berupa potongan surat al Alaq ayat 1- 5. Berikut ini lafadz arab dan arti dari wahyu pertama tersebut:

اقْرَأْ بِاسْمِ رَبِّكَ الَّذِي خَلَقَ * خَلَقَ الْإِنْسَانَ مِنْ عَلَقٍ * اقْرَأْ وَرَبُّكَ الْأَكْرَمُ * الَّذِي عَلَّمَ بِالْقَلَمِ * عَلَّمَ الْإِنْسَانَ مَا لَمْ يَعْلَمْ

“Bacalah dengan (menyebut) nama Tuhanmu yang menciptakan, Dia telah menciptakan manusia dari segumpal darah, Bacalah, dan Tuhanmulah yang paling Pemurah, Yang mengajar manusia dengan pena, Dia mengajarkan kepada manusia apa yang belum diketahuinya.” (Surah Al Alaq 1-5)

  1. Israj Mi’raj

Kisah israj mi’raj dalam kisah nabi Muhammad merupakan sebuah peristiwa yang bersejarah bagi umat islam. Peristiwa ini terjadi setelah tahun duka cita dimana dalam tahun tersebut Abu Tahlib dan Khatijah meninggal dunia. dalam peristiwa, rasulullah mendapat perintah langsung dari Allah SWT (subhanahu wa ta’ala) untuk melaksanakan sholat 5 kali sehari semalam. Hal ini juga berlaku untuk umat beliau.

Demikianlah pembahasan tentang kisah nabi Muhammad Sallallahu Alaihi Wasallam yang terkenal. dengan adanya ulasan tentang perjalanan hidup nabi Muhammad Sallallahu Alaihi Wasallam ini, maka sebagai umat muslim dapat mengambil pelajaran darinya. Selain itu, adanya kisah rasulullah ini dapat menambah rasa cinta umat islam kepada nabi yang mulia ini.