Apa itu shahih bukhari?? Berikut adalah penjelasannya

Diposting pada

Shahih bukhari (arab latin: Sahih Al Bukhari) merupakan kitab yang secara khusus berisi kumpulan hadits shahih yang diterima dari Nabi Muhammad Sallallahu ‘Alaihi Wasallam. Juga adalah kitab yang paling shahih dan otentik sebagai pegangan dan rujukan bagi umat muslim setelah Al-Quran.

Kitab Shahih Bukhari

shahih bukhari

Kitab shahih bukhari disusun oleh Imam Muhammad bin Ismail al-Bukhari yang merupakan orang pertama yang mengumpulkan hadits Nabi S.a.w. Beliau adalah ulama ahli hadits yang terkenal dari dulu sampai sekarang diantara ulama-ulama ahli hadits lainnya seperti Imam Muslim, Abu Dawud, Tirmidzi, An-Nasai dan Ibnu Majah. Bukan hanya itu saja, bahkan dalam kitab-kitab fiqih dan hadits, hadits-hadits shahih bukhari memiliki derajat yang paling tinggi. Imam Al-bukhari biasa disebut sebagai Amirul Mukminin fil Hadits yaitu pemimpin untuk orang-orang yang beriman dalam ilmu hadits. Dalam bidang hadits, shahih bukhari menjadi rujukan hampir semua ulama muslim didunia.

Banyaknya Hadits Shahih Al – Bukhari

Adapun jumlah hadits shahih bukhari yang berisi berbagai pembahasan topik dalam masalah fiqih ada lebih dari 7000 hadits yang dengan pengulangan, dan lebih dari 4000 hadits shahih tanpa pengulangan. Penyusunan hadits bukhari diselesaikan pada tahun 232 Hijriyah. Gagasan pengumpulan hadits ini muncul atas saran Ishak ibn Rahawi untuk menyelesaikan pengumpulan kitab yang berisi hadits-hadits shahih yang diterima dari Nabi Muhammad S.a.w.

Syarat Hadits Shahih

Imam Al-Bukhaari menetapkan penerimaan hadits dan mengklasifikasikannya sebagai hadits yang shahih dalam kitab shahih bukhari dengan dua syarat:

  1. Perawi hadits tersebut pernah bertemu gurunya dan hidup pada satu jaman.
  2. Hadits tersebut harus langsung di dengar dari yang gurunya secara langsung, yang pastinya tanpa mengabaikan aspek lainnya dari para perawi hadits, diantaranya: tsiqoh, dhabit, adil, berilmu, wara’ dll.

Kedudukan Shahih Bukhari

Banyak syekh besar yang memuji dan menjunjung tinggi karya Syekh Imam al-Bukhari ini, seperti Yahya bin Moin, Ahmad bin Hanbal, dan Ali ibn al-Madaini, serta orang yang berikrar atas ke shahihan kitab ini, sehingga setelah itu umat muslim berbondong-bondong untuk memiliki kitab ini dan menjadikannya salah satu kitab terbaik yang berisi Hadits shahih, dan mereka menjadikan kitab shahih bukhari sebagai kitab yang paling shahih dan otentik sebagai rujukan dan pegangan umuat muslim setelah Al-quran.

Kutubus sittah (6 kitab hadits)

Kutubus sittah adalah induk dari kitab-kitab yang berisi Hadits Nabi, yang disusun oleh para para ulama ahli hadits(pengumpul hadits). Adapun 6 kitab tersebut yaitu:

  1. Kitab Sahih Bukhari disusun oleh Imam Bukhari
  2. Kitab Sahih Muslim disusun oleh Imam Muslim
  3. Kitab sunan Nasa’i disusun oleh Imam Nasa’i
  4. Sunan Abu Dawud disusun oleh Abu Daud
  5. Sunan Tirmidzi disusun oleh Imam Tirmidzi
  6. Sunan Ibn Maajah disusun oleh Imam ibnu Maajah

Jumlah kitab-kitab ini sebelumnya ada lima yang kemudian selanjutnya ditambahkan kitab “Sunan Ibn Maajah”.

Kitab Shahih Muslim

Kitab Shahih Muslim diyakini oleh para ulama muslim ahli hadits sebagai kitab paling otentik kedua setelah Al-Qur’an dan Sahih Bukhari. Kitab ini disusun oleh Imam Muslim, dan berisi sekitar 4000 hadits Syarif jika kita mengecualikan percakapan hadits yang berulang.

Itulah penjelasan lengkap tentang shahih bukhari yang perlu anda ketahui, agar kita sebagai umat muslim menjadikan kitab tersebut sebagai rujukan setelah Al-quran. Wallahu a’lam!.