Panduan Dan Cara Shalat Istikharah Yang Benar Lengkap Dengan Do’a

Diposting pada

Shahih – Setiap umat muslim memang diwajibkan menjalankan kewajibannya yakni shalat dan puasa wajib. Disamping ibadah wajib tersebut masih ada ibadah sunnah yang bila dikerjakan akan menambah pahala seorang muslim. Ibadah sunnah ternyata bukan sekedar menambah pahala saja, bahkan memiliki manfaat bagi kehidupan di dunia. Contohnya saja shalat istikharah, shalat ini sangat bermanfaat.

Adapun shalat sunnah istikharah adalah shalat sunah dua rakaat yang dikerjakan oleh seorang muslim untuk meminta petunjuk kepada Allah SWT yang sedang bingung diantara beberapa pilihan atau merasa ragu-ragu dalam memilih dan mengambil keputusan. Bagi seorang muslim yang tengah dilanda masalah dan merasa bingung dalam memilih, panduan dan tata cara shalat istikharah sangat penting diketahui.

Shalat Istikharah

Sedangkan ukuran masalah tidak dibatasi, baik masalah pekerjaan, perjodohan dan berbagai masalah lainnya. Mengapa? Karena keutamaan dari shalat sunah ini memang memohon kepada Allah agar setiap urusan kita diridhoi, dimudahkan, dijauhkan dari keburukan, dan memohon agar Allah memberikan penghalang dan pencegah dalam berbagai urusan tersebut.

Setiap manusia tidak mengetahui apa yang akan terjadi bahkan lima menit kedepan bukan? Oleh sebab itu sangatlah penting menjalankan shalat tersebut.

Waktu pelaksanaan

Mengenai waktu pelaksanaannya, shalat istikharah tidak memiliki batasan waktu, baik itu siang, pagi ataupun sore hari. Akan tetapi waktu shalat istikharah paling diutamakan untuk menjalankan shalat tersebut adalah sepertiga malam, agar shalat dapat dikerjakan dengan khusyuk dan benar benar memasrahkan diri. Sedikit catatan bila ingin mengerjakan shalat tersebut kita memang harus berpasrah diri kepada Allah, tidak boleh berat sebelah dan mengharapkan salah satunya. Ingat kita tidak akan tahu apa mana yang baik dan buruk bagi kita, jadi pastikan hati dan pikiran anda berserah pada Allah.

Tata cara pelaksanaan

Tata cara pelaksanaan shalat sunah ini tidak berbeda jauh dengan shalat lainnya yang diawali dengan niat shalat sitikharah

أُصَلِّيْ سُنَّةَ الاِسْتِخَارَةِ رَكْعَتَيْنِ لِلَّهِ تَعَالَى 

“ushalli sunnatal istikhaarati rak’ataini lillaahi ta’aalaa”

Yang artinya Aku Berniiat Shalat Sunah Istikharah dua Raka’at karena Alloh Ta’ala.

Dilanjutkan dengan melaksanakan shalat seperti biasa. Namun untuk surah pendek setelah membaca surat al-Fatihah dianjurkan membaca al Kafirun pada rakaat pertama dan al Ikhlas pada rakaat kedua. Shalat istikharah memang dikerjakan 2 rakaat saja tidak lebih.

Do’a shalat istikharah

Setelah selesai shalat duduklah dengan khusyuk membaca dzikir seperti istigfar, shalawat Nabi, tasbih, tahmid dan al fatihah sebanyak banyaknya. Hal tersebut bertujuan agar kita semakin dekat kepada Allah SWT. Setelah berdzikir selesaikan dengan berdo’a setelah shalat istikharah yaitu:

Lafadz Arab Do’a Shalat Istikharah:

اللَّهُمَّ إِنِّى أَسْتَخِيرُكَ بِعِلْمِكَ وَأَسْتَقْدِرُكَ بِقُدْرَتِكَ ، وَأَسْأَلُكَ مِنْ فَضْلِكَ الْعَظِيمِ ، فَإِنَّكَ تَقْدِرُ وَلاَ أَقْدِرُ وَتَعْلَمُ وَلاَ أَعْلَمُ وَأَنْتَ عَلاَّمُ الْغُيُوبِ

اللَّهُمَّ إِنْ كُنْتَ تَعْلَمُ أَنَّ هَذَا الأَمْرَ خَيْرٌ لِى فِى دِينِى وَمَعَاشِى وَعَاقِبَةِ أَمْرِى فَاقْدُرْهُ لِى وَيَسِّرْهُ لِى ثُمَّ بَارِكْ لِى فِيهِ

وَإِنْ كُنْتَ تَعْلَمُ أَنَّ هَذَا الأَمْرَ شَرٌّ لِى فِى دِينِى وَمَعَاشِى وَعَاقِبَةِ أَمْرِى فَاصْرِفْهُ عَنِّى وَاصْرِفْنِى عَنْهُ ، وَاقْدُرْ لِى الْخَيْرَ حَيْثُ كَانَ ثُمَّ أَرْضِنِى

Lafadz Latin Do’a Shalat Istikharah:

Allaahumma innii astakhiruka bi’ilmika wa astaqdiruka biqudratika, wa as’aluka min fadhlikal ‘adzhiimi, fainnaka taqdiru walaa aqdiru, wata’lamu walaa a’lamu, wa anta ‘allaamulghuyuubi allaahumma in kunta ta’lamu anna haadzal amro *(silahkan sebutkan perkara masing-masing)* khairun lii fii diinii wa ma’aasyii wa’aaqibati amrii, faqdirhulii wayassirhu liitsumma baariklii fiihi, wa’ingkungta ta lamu anna haadazal amra syarrulli fii fidiinii wa ma’aasyii wa’aaqibati amrii, fashrifhu’annii washrifnii anhu waqdir liyal khaira haitsu kaana tsumma radhdhinii bihi.

Arti Do’a Shalat Istikharah:

“Ya Allah, sesungguhnya aku meminta pilihan yang tepat kepadaMu dengan ilmu pengetahuanMu dan aku mohon kekuasaanMu (untuk mengatasi persoalanku) dengan kemahakuasaanMu. Aku mohon kepadaMu sesuatu dari anugerahMu Yang Maha Agung, sesungguhnya Engkau Mahakuasa, sedang aku tidak kuasa, Engkau mengetahui, sedang aku tidak mengetahuinya dan Engkau adalah Maha Mengetahui hal yang ghaib. Ya Allah, apabila Engkau mengetahui bahwa urusan ini *(silahkan sebutkan perkara masing-masing)* lebih baik dalam agamaku, dan akibatnya terhadap diriku sukseskanlah untuk ku, mudahkan jalannya, kemudian berilah berkah. Akan tetapi apabila Engkau mengetahui bahwa persoalan ini lebih berbahaya bagiku dalam agama, perekonomian dan akibatnya kepada diriku, maka singkirkan persoalan tersebut, dan jauhkan aku daripadanya, takdirkan kebaikan untuk ku di mana saja kebaikan itu berada, kemudian berilah kerelaanMu kepadaku.”

Shalat istikharah langsung dapat petunjuk bila dilaksanakan 3 hingga 7 malam berturut turut, petunjuk ini dapat berupa mimpi atau berbagai hal lainnya. Untuk menambah, dapat pula ditambahkan dengan mengerjakan shalat Hajat. Jangan lupa mengerjakan shalat lima waktu agar semakin dekat kepada Allah.

Baca juga : Sholat Idul Adha

Keutamaan

  1. Menambah pahala

Didalam shalat sunah pasti akan mendapatkan pahala lebih bagi yang mengerjakan. Dalam keutamaan shalat istikharah sendiri terdapat bacaan serta dzikir dan do’a yang akan memperbanyak pahala kita nantinya. Seorang muslim tentu mengetahui bahwa pahala adalah hal yang penting sebagai bekal di akhirat nantinya menuju surga.

  1. Sarana pengaduan

Mengadu kepada sesama manusia bukanlah solusi terbaik bagi kita. Terkadang mengadu kepada sesama manusia pun tidak akan mendapatkan jawaban dari permasalahan yang dihadapi. Solusi terbaik bagi umat muslim adalah mengadu kepada Allah melalui shalat. Adukan masalah yang tengah dihadapi maka Allah akan memberikan jawaban dari masalah tersebut.

  1. Jawaban dan dijauhkan dari keburukan

Mengerjakan shalat istikharah secara berturut turut, Allah akan menunjukkan jawaban dari pertanyaan kita. Dan pasti jawaban tersebut merupakan jawaban terbaik yang akan diperoleh. Selain jawaban terbaik, manfaat shalat istikharah juga akan menghindarkan kita dari perihal buruk.

  1. Mendapat keberkahan

Masih terkait jawaban yang diberikan Allah SWT, bukan hanya terhalang dari keburukan saja akan tetapi juga mendapatkan keberkahan dari jawaban tersebut. Bila jawaban kita mendapatkan keberkahan maka akan bermanfaat bagi kehidupan kita didunia nantinya.

Demikianlah kupasan kita kali ini mengenai shalat istikharah. Shalat ini sangat bermanfaat bagi kehidupan kita, ada banyak keutamaan yang dimiliki dari shalat tersebut. Namun mengerjakan shalat tersebut tidak bisa hanya sekali, lakukan berulang kali diiringi dengan shalat sunah lainnya dan shalat wajib. Semoga bermafaat dan mampu mempertebal keimanan kita kepada Allah SWT, jazzakumullah.